Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Anda Praktekkan

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya

Bisnis adalah jalan nyata untuk mendapatkan banyak uang, menjadi kaya, juga keberlimpahan. Namun realitanya aktivitas bisnis tidak hanya menghasilkan sesuatu sesuai tujuan tapi kadang muncul masalah yang menyertainya. Banyaknya masalah dalam bisnis menuntut pebisnis bisa menemukan solusi dengan cepat dan tepat. Salah satunya dengan belajar dari contoh masalah bisnis dan solusinya, baik melalui media online, majalah bisnis, buku bisnis atau ikut pelatihan bisnis.

Ada banyak hal yang mendasari mengapa sebuah bisnis bisa terus berjalan, berkembang, menghasilkan omset yang terus meningkat dan mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya. Sebaliknya tidak sedikit bisnis yang hanya jalan di tempat dan tidak ada perkembangan. Bahkan ada yang terlalu banyak biaya operasional tetapi omset justru terus menurun dan bahkan merugi.

Hal ini karena faktor dari dalam diri pebisnis dan juga faktor dari luar yang berkaitan dengan kualitas diri, hubungan sosial dan lingkungan. Faktor internal yang mempengaruhi sebuah bisnis berupa kecakapan, kreativitas, ide, inovasi, konsistensi, dan kualitas energi pemilik bisnis tersebut. Sedangkan faktor dari luar bisa berupa kompetitor, kebijakan yang berlaku, fasilitas publik yang tersedia, trend, serta pasar.

Contoh masalah bisnis dan solusinya sangat penting bagi pebisnis sebagai media pembelajaran dan bekal dalam mengambil keputusan penting dalam bisnis. Apalagi interaksi antar pebisnis, serta orang-orang yang terlibat dalam transaksi bisnis memiliki beragam kepentingan yang seringkali memunculkan masalah tersendiri.

Secara garis besar masalah bisnis berkaitan dengan bagaimana meningkatkan omset, persaingan bisnis, negosiasi, masalah sumberdaya manusia, regulasi -yang berlaku dan semua membutuhkan solusi.

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya - Bioenergi Center

Pentingnya Memahami Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya

“Setiap pebisnis memiliki masalah yang berbeda dan memerlukan cara yang berbeda dalam menangani bisnisnya”. Sementara itu tidak semua cara bisa memberi solusi dengan tepat. Apalagi tanpa ilmu dan pengetahuan yang sesuai, tentu sulit menemukan solusi. Bahkan tidak sedikit mereka yang ingin solusi dalam bisnisnya menghalalkan segala cara & menggunakan cara yang salah yang akhirnya justru semakin menambah masalah.

Dengan mengetahui contoh masalah bisnis dan solusinya akan memberi inspirasi dan harapan bagi siapapun yang memiliki masalah bisnis. Ia bisa belajar dari pengalaman orang lain meski tidak mengalaminya. Bahkan apabila suatu saat menemukan masalah yang sama atau yang serupa, bisa mengatasi masalah itu lebih cepat karena sudah pernah belajar dari contoh yang ada.

Belajar dari contoh yang ada sama artinya memperpendek siklus dan mempersingkat waktu pembelajaran.

Tidak banyak orang yang mau berbagi masalah apalagi berbagi solusi, namun dengan membaca artikel ini Anda akan mendapatkan contoh masalah bisnis dan solusinya yang bisa memberikan Anda inspirasi menuju jalan solusi yang Anda inginkan untuk bisnis Anda.

Inilah Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya!

Disini Anda bisa memahami contoh masalah bisnis dan solusinya melalui masalah yang sering muncul dalam sebuah bisnis. Berikut penjelasannya:

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya

▶ Cara Mengatasi Masalah Bisnis yang Berkaitan dengan Omset Penjualan

Masalah omset penjualan menjadi masalah yang penting dalam sebuah bisnis. Omset itu sendiri berkaitan erat dengan tujuan bisnis yang tidak terpisahkan dengan proses yang ada dalam bisnis itu sendiri. Seperti perencanaan bisnis, target, pengelolaan dan pencapaian yang diperoleh.

Hal-hal yang paling berpengaruh dalam omset bisnis adalah kemampuan mengelola bisnis itu sendiri, kebijakan penetapan harga dan promosi, serta kebijaksanaan mengenai perantara yang dilakukan. Ujung tombak dari berbagai permasalahan mengenai omset ini adalah penjualan.

Contoh masalah bisnis dan solusinya yang berkaitan dengan omset bisnis

Sebuah mini supermarket sebut saja “Hebat Mart” namanya. Bulan bulan terakhir mengalami penurunan omset sampai kesulitan membayar gaji karyawannya. Padahal hampir semua produk tersedia secara stabil, tidak ada pengurangan jumlah atau pun kenaikan harga.

Semua berjalan seperti biasa. Pengelolaan bisnis dan penataan juga malah semakin bagus dan pemiliknya selalu bisa menjaga hubungan dengan suplier dan pelanggan dengan baik. Semua karyawan pun sudah dibekali standar pelayanan yang seragam dan pelatihan teknis juga komunikasi yang baik sesuai bidangnya.

Variasi produk yang dijual juga selalu bertambah jenisnya dan mengikuti tren terbaru yang berkembang. Tapi mengapa omset terus menurun dan bahkan merugi, apa solusinya agar omset bisa naik dan bisnis supermarket ini bisa untung bahkan terus berkembang keuntungan meningkat sehingga usaha semakin maju?

Bagaimana Solusinya?

Solusi dari dalam

Karena omset berkaitan langsung dengan penjualan, uang masuk dan uang keluar, maka yang pertama harus dilakukan adalah melakukan pengecekan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan usaha super market tersebut. Yaitu dengan cara:

  1. Analisa laporan keuangan harian dan bulanan yang Ada berdasarkan laporan penjualan
  2. Cek stok barang masuk dan barang keluar serta stok opname produk yang di jual beserta persediaannya.
  3. Analisa pembayaran kepada suplier
  4. Lakukan pengecekan terhadap sistem yang selama ini dipergunakan, termasuk peralatan dan perlengkapan yang biasa dipergunakan untuk transaksi.
  5. Cek juga dokumen kerjasama
  6. Lakukan analisa mendalam mengenai program promosi yang berjalan
  7. Periksa kebijakan tentang penetapan harga dan disinkronkan dengan prosentase keuntungan yang ditargetkan.

Setelah melakukan tindakan teknis, selanjutnya Anda harus mengontrol hal-hal non teknis berkaitan dengan SDM yang ada dalam lingkup usaha Anda. Hal ini penting untuk mengetahui kinerja setiap pegawai, bagaimana efektifitas dan produktivitas kerjanya serta bagaimana kontribusinya kepada bisnis Anda.

Bila perlu carilah informasi mendalam mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kenyamanan pegawai. Perlu juga mempelajari apakah ada konflik intern yang kemudian mengganggu kekompakan kerja tim, serta mempengaruhi produktivitas kerja mereka.

Solusi yang berkaitan dengan pihak lain

Adapun solusi lainnya yang berkaitan dengan pihak lain, Anda bisa melihat lingkungan keberadaan tempat usaha Anda. Apakah ada pesaing yang keberadaannya tidak jauh dari tempat usaha Anda. Misalnya dalam radius 200 meter adakah usaha atau bisnis yang sama?

Mungkin tidak dalam bentuk usaha supermarket, tetapi toko kelontong besar atau grosir sembako dan sejenisnya. Jika Anda menemukannya dan ternyata benar menjadi pesaing Anda, maka bersaing secara sportif dan cerdas.

Apabila hasil analisa Anda menunjukkan penurunan omset karena banyak pelanggan Anda pindah ke kompetitor Anda, maka pelajari daya tarik mereka. Apakah harga mereka lebih rendah daripada di tempat Anda? Atau service nya lebih bagus dari tempat Anda? Atau karena variasi produk yang kompetitor Anda sediakan lebih banyak?

Jika memang karena hal seperti itu maka Anda harus memperbaiki faktor yang membuat pelanggan lari sehingga bisa kembali lagi. Untuk itu buatlah daya tarik yang berbeda, misalnya Anda menurunkan harga lebih rendah pada produk sembako yang pokok, namun Anda mengkombinasikan dengan menaikkan harga di produk lain, seperti fashion atau kosmetik dan sebagainya.

Disamping cara teknis dan pendekatan kepada pelanggan solusi untuk mengatasi masalah bisnis dalam hal omset, Anda bisa menggunakan cara spiritual. Bahkan cara spiritual ini yang bisa mengatasi masalah yang tidak bisa diatasi dengan cara biasa atau mengandalkan hal teknis semata. Cara spiritual yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan Bioenergi Anda.

Melalui kecerdasan Bioenergi yang ada dalam diri Anda, energi mengalir untuk mendeteksi masalah apa yang paling crowdit yang harus Anda atasi terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa menemukan solusi yang paling tepat secara terpadu. Hanya saja untuk bisa mengelola dan memanfaatkan Bioenergi Anda perlu belajar ilmu Bioenergi di Bioenergi Center.

▶ Bagaimana Mengatasi Masalah Persaingan dalam Bisnis

Semua orang pasti tahu bahwa bisnis yang Anda jalankan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya persaingan. Bahkan adakalanya orang-orang yang berpikiran sempit bisa melakukan cara-cara curang dan menghalalkan berbagai cara licik untuk bisa memenangkan persaingan.

Selain ini menimbulkan masalah dan kerugian bagi Anda, biasanya ada efek-efek negatif yang bisa timbul dari persaingan tidak sehat tersebut. Persaingan tidak sehat dengan cara-cara yang licik juga bisa menjadi pembunuhan karakter bahkan bisa mengakibatkan resiko tinggi yang mengancam kesehatan Anda bahkan nyawa Anda.

Bagaimana solusinya?

Dalam sebuah persaingan bisnis pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Melalui persaingan yang sehat, kemenangan akan menumbuhkan kepuasan dan meningkatkan percaya diri serta motivasi untuk jadi lebih baik lagi. Bagi yang kalah secara sportif juga bisa belajar tentang kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya dan harus berjuang lagi untuk memperbaiki diri dan bisa berhasil suatu saat nanti.

Namun bagi yang menang karena persaingan tidak sehat, maka kemenangannya hanya sekedar memenuhi hasrat dan keinginannya. Sementara keberkahan dari hasil yang diperoleh hilang darinya. Bisa jadi kemenangannya juga hanya sementara.

Kemenangan dalam persaingan bisnis yang tidak sehat akan mendatangkan masalah di kemudian hari. Dan yang pasti memimbulkan kesulitan bagi yang kalah karena persaingan tidak sehat tersebut. Apalagi apabila yang melakukan persaingan tidak sehat adalah orang yang tidak bertanggung jawab, menggunakan energi negatif seperti: santet, sihir, teluh, guna-guna dan sejenisnya. Maka orang yang kalah dan menjadi sasarannya akan mengalami penderitaan lahir dan batin bahkan bisa mengancam nyawa dan juga usahanya.

Agar Anda bisa selalu eksis dalam persaingan bisnis, termasuk bisa menetralisir energi negatif yang berasal dari pesaing Anda, dengan cara-cara yang tidak biasa, tingkatkan kualitas energi Anda! Persaingan bisnis yang sifatnya teknis bisa teratasi dengan strategi bisnis yang riil yang bisa Anda dapatkan dari pengetahuan dan pengalaman. Namun Untuk mengatasi persaingan tidak sehat Anda membutuhkan peningkatan kualitas energi yang bisa Anda peroleh melalui proses Bioenergi Adjustment dan belajar Ilmu Bioenergi.

▶ Cara Melakukan Presentasi & Negosiasi Bisnis

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya

Sebuah transaksi bisnis berasal dari penawaran dan permintaan dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti kebutuhan, kualitas produk atau jasa, daya tarik, manfaat dan juga prestise. Dalam bisnis skala besar, menawarkan bisnis bisa dengan cara presentasi atau pitching.

Pitching artinya melakukan presentasi secara singkat untuk bisa menangkap dan memenangkan hati audiens dengan menjelaskan bisnis kepada klien, investor atau konsumen. Setelah proses pitching selesai dan tender terpegang maka Anda harus melalui proses negosiasi.

Yang menjadi permasalahan seringkali saat negosiasi sudah terjadi dan sudah mendapatkan deal (kesepakatan). Baik harga, kualitas, kuantitas, jangka waktu, namun salah satu pihak membatalkan dealnya tersebut. Seringkali alasan gagal deal itu juga tidak masuk akal, karena sebelumnya sudah ada pembayaran awal atau Down Payment (DP).

Tetapi Akhirnya kesepakatan tidak berlaku, tender gagal atau Anda tidak mendapatkan proyek. Tidak jarang juga kekalahan dalam negosiasi yang terjadi menyebabkan pihak yang kalah menanggung kerugian dan masalah.

Jika ini yang terjadi harapan besar akan sebuah kemenangan menjadi tertunda, dan dampaknya tidak hanya pada masalah psikologis karena kekecewaan dan kegagalan, namun juga dampak finansial, dan mengacaukan rencana bisnis yang ada.

Bagaimana Solusinya?

Sesungguhnya dalam proses presentasi dan negosiasi yang menentukan kemenangan adalah kekuatan diri. Kepercayaan diri menjadi penyumbang utama dalam proses ini. Kemudian kualitas program atau produk yang ditawarkan dan kemampuan serta kecakapan dalam memberikan penjelasan mengenai keunggulan produk atau kekuatan dari presentasi Anda.

Dan dibalik semua itu yang paling menentukan keberhasilan dalam proses presentasi dan negosiasi bisnis adalah kualitas energi Anda.

Karena energi mengalir dari frekuensi yang tinggi ke frekuensi yang lebih rendah, jadi apabila Anda melakukan presentasi dan negosiasi dengan orang yang kualitas energinya tinggi, akan lebih sulit. Namun jika Anda melakukan presentasi dan negosiasi kepada orang – orang yang level energinya di bawah Anda kemenangan akan mudah didapat.

Solusi paling efektif untuk mengatasi ini semua adalah dengan meningkatkan kualitas energi Anda menjadi lebih tinggi. Sehingga Anda akan lebih berpeluang untuk sukses dalam presentasi dan negosiasi bisnis.

▶ Meningkatkan Produktifitas Kerja melalui Optimasi SDM yang Ada

Perkembangan jaman yang terus berjalan hingga saat ini telah membawa manusia pada globalisasi dan digitalisasi pada semua sektor kehidupan. Bahkan sektor bisnis menjadi salah satu yang paling pesat perkembangannya sehingga menuntut pelaku bisnis dan SDM yang ada terus berbenah, melakukan update pengetahuan dan kemampuan.

Apalagi pola hidup modern yang serba praktis menuntut kemauan dan kemampuan manusia untuk bisa mengaplikasikan teknologi pada segala aspek kehidupan. Sehingga tidak hanya dampak kemajuan secara material yang bisa dicapai, namun juga menyebabkan kesenjangan dan ketimpangan pendapatan bagi mereka yang tidak mampu berkompetisi.

Hal krusial yang menjadi permasalahan pelaku bisnis adalah bahwa modernisasi yang memunculkan era baru yang disebut milenial ini mempengaruhi pola hidup dan pola pikir berbeda dalam aktivitas bisnis.

Semua yang serba instan menjadi kesukaan tetapi yang menjadi masalah adalah pola pikir yang instan. Yang kemudian mempengaruhi cara dalam pengelolaan sektor tertentu dan bisa menimbulkan masalah baru.

Apalagi fasilitas yang ada di jaman now yang kemudian menjadikan kreatifitas kaum milenial bisa melesat dan menghasilkan karya-karya yang memiliki nilai nominal tinggi, mempengaruhi prilaku dan menggiring harapan semu bagi mereka yang tidak bisa berbuat hal yang sama.

Akibatnya memunculkan berkurangnya loyalitas dan mudah terjadi keluar masuk pegawai dalam lingkungan kerja. Hal ini menjadi masalah yang berdampak pada menurunnya produktivitas dan biaya tinggi dalam operasional bisnis.

Bagaimana solusinya?

Membangun SDM berkualitas dengan menambah skill, kemampuan teknis, pembangunan mental dan spiritual menjadi sangat penting. Karena kemampuan untuk berkreativitas dan melesatkan sektor bisnis memerlukan dorongan juga pengarahan dan pengendalian.

Disamping penguasaan pengetahuan aplikatif dalam bisnis termasuk ilmu bisnis modern, penguasaan IPTEK, pemberdayaan mental dan spiritual menjadi hal paling utama untuk di perhatikan. Karena menyangkut etika dalam berbisnis agar bisa menghasilkan karya yang memiliki nilai ekonomi namun tepat guna karena memberi manfaat pada banyak orang.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membekali SDM yang terlibat dalam bisnis Anda dengan ilmu bisnis lengkap. Yaitu ilmu bisnis terapan yang terpadu yang didalamnya juga ada unsur pemberdayaan diri sekaligus peningkatan kualitas diri dan kualitas spiritual melalui peningkatan kualitas energi. Untuk medapatkan peningkatan kualitas energi bisa diawali terlebih dahulu dengan memahami prinsip kerja energi dengan belajar Ilmu Bioenergi.

▶ Cara Mensikapi Kebijakan yang Berlaku dalam Bisnis

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya

Sebuah kebijakan yang berlaku disebuah wilayah dimana terdapat bisnis Anda disana sedikit banyak akan memberi pengaruh. Namun sesungguhnya setiap kebijakan yang ditetapkan sebagai peraturan, dimaksudkan untuk mengontrol keberadaan dari usaha atau bisnis yang ada.

Hanya saja adakalanya ketika ketika sebuah kebijakan justru menghambat perkembangan bisnis. Bahkan bisa memberatkan pelaku bisnis harus di sikapi dengan akal sehat dan tindakan yang sesuai.

Apalagi seringkali banyak faktor yang mempengaruhi dan bisa menjadi alasan mengapa suatu kebijakan tidak sesuai dalam prakteknya. Pengaruh inflasi, pertukaran mata uang, situasi politik dan keamanan juga iklim dan trend yang berlaku dalam masyarakat bisa mempengaruhi efektifitasnya.

Belum lagi kebijakan yang berlaku umum seperti undang-undang ketenagakerjaan, pajak, subsidi dan perundang-undangan lainnya tentunya akan mempengaruhi aktivitas Bisnis dan usaha.

Bagaimana solusinya?

Untuk mendapatkan solusi masalah bisnis yang terkait dengan kebijakan yang berlaku, memerlukan cara-cara yang cerdas. Juga sesuai peraturan dan kebijakan yang berlaku dan harus diikuti. Untuk bisa mensikapi kebijakan yang berlaku dan agar selaras dengan tujuan bisnis Anda meningkatkan perkembangan bisnis Anda, lakukan konsultasi kepada ahlinya.

Anda bisa berkonsultasi kepada konsultan bisnis yang juga paham masalah bagaimana mensikapi regulasi dan kebijakan yang berlaku. Sehingga Anda tidak harus melakukan pelanggaran, dan bisa mengikuti kebijakan yang berlaku. Namun bisa mendapat solusi untuk masalah yang muncul akibat kebijakan yang berlaku tersebut.

Melalui contoh masalah bisnis dan solusinya tersebut mampu meningkatkan harapan dan bisa membantu memberi inspirasi bagi Anda yang memiliki masalah dalam bisnis.

Hampir semua pelaku bisnis baik pemilik maupun orang terlibat dalam bisnis memiliki tujuan ingin bisnis berjalan lancar, meraih keuntungan dan terus berkembang.

Realitas Dalam dunia Bisnis

“Kenyataannya banyak pebisnis yang kesulitan mencapai tujuan yang mereka inginkan”. Pertanyaan besar yang kemudian muncul adalah “apa yang salah?” sehingga kondisi tersebut terjadi. Padalahal kebanyakan dari mereka sudah melakukan pembenahan-pembenahan dalam hal manajemen, dan mengevaluasi semua proses. Tetapi cara mengatasi masalah bisnis yang mereka lakukan belum cukup efektif memberi solusi.

Hal ini karena kualitas energi Anda yang belum cukup ideal untuk mengatasi masalah bisnis yang ada. Bisa juga akibat banyaknya energi negatif dalam diri Anda, sehingga menghalangi Anda dalam meraih tujuan dalam bisnis termasuk berbagai aspek hidup lainnya.

Anda bisa membersihkan energi negatif dan meningkatkan kualitas energi sekaligus dalam satu langkah. Yaitu melalui proses Bioenergi Adjustment yang bisa diperoleh saat Anda mengikuti pelatihan Bioenergi atau mengkonsumsi produk solusi seperti Kapsul Bioenergi.

Untuk lebih memantapkan hati Anda agar bisa lebih yakin dalam mencari solusi, Anda bisa melakukan konsultasi kepada konsultan solusi masalah sekaligus mentor bisnis yang terpercaya, Bp. Syaiful M. Maghsri.

Dengan berkonsultasi kepada beliau Anda akan mendapatkan strategi dan solusi mengenai berbagai permasalahan bisnis yang Anda alami.

Bagi Anda yang ingin konsultasi secara langsung dengan bapak Syaiful Maghsri sebagai konsultan solusi masalah, anda bisa datang langsung ke Bioenergi Center Jl. Veteran No. 153 Yogyakarta.

Agar Anda tidak perlu menunggu dan mengantri sebaiknya Anda menentukan waktunya dan minta dijadwalkan secara khusus dengan menghubungi HP/WA : 0853 2727 1999 (Ibu Enni),0878 3903 8000 (Ibu Evi) , 0274 – 412446 (Office)

Contoh Masalah Bisnis dan Solusinya - Bioenergi Center

 

Artikel menarik lainnya:

Scroll to Top