Home » Artikel » Artikel Solusi » Keterampilan yang Perlu Anda Miliki untuk Mengatasi Stres

Keterampilan yang Perlu Anda Miliki untuk Mengatasi Stres

Mengatasi Stres

BAGIKAN :

Mengatasi Stres tidak semata-mata membutuhkan strategi dan cara, namun memerlukan tindakan nyata. Stres merupakan kondisi yang diakibatkan ketegangan pikiran atau tekanan, yang berpengaruh pada situasi ketidaknyamanan.

Nyatanya cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan mempraktikkannya. Kebanyakan orang sering menemukan alasan utama tidak mencapai tujuan mereka. Alasannya karena kurangnya keterampilan tertentu atau harapan yang tidak realistis.

Keterampilan untuk mengatasi stres sangat diperlukan agar kita semakin mampu mengelola stres dan dapat mengambil kebaikan dari kondisi yang ada.

Pendekatan Efektif Untuk Mengatasi Stres

Adalah inokulasi stres, yaitu sebuah pendekatan  efektif untuk mengajarkan kedua keterampilan dalam meningkatkan ketahanan terhadap stres dengan lebih baik dan membantu untuk merespon lebih efektif stres yang di hadapi.

Inokulasi stres memiliki tiga fase.

♥ Pendidikan:

Pelajari apa yang diharapkan. Jika Anda memerlukan terapi konseling karena sedang mengalami perceraian, atau mengalami kegagalan di tempat kerja, bicarakan dengan orang-orang yang telah mengalaminya.

Selanjutnya pelajari apa yang diharapkan untuk kedepannya. Sehingga Anda dapat bersiap untuk mengatasinya daripada hanya berfokus pada pemicu stres di depan Anda.

♥ Latihan:

Meskipun Anda tidak bisa berlatih untuk momen-momen terbesar dalam hidup, Anda dapat menjalani hidup Anda dengan mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi stres.

Hal-hal tersebut bisa bermula dari tantangan fisik ketika Anda mendaki gunung, atau ketika membaca puisi atau pidato di tempat umum. Intinya adalah Anda perlu melatih situasi yang membuat Anda stres dan tetap melakukan yang terbaik di bawah tekanan dan keadaan.

♥ Implementasi:

Ketika peristiwa stres melanda, Anda mulai bersiap. Anda tahu apa yang diharapkan, dan Anda pernah mengalami situasi stres sebelumnya.

Dari hal ini Anda tahu harus bertindak seperti apa dan bagaimana yang kemudian Anda implementasikan dalam situasi yang Anda alami.

Selain itu Anda juga bisa mengatasi stres dari situasi masalah yang dialami dengan keterampilan koginitif coping untuk mengatasi pikiran Anda terkait stres yang terdiri dari empat fase.

♦ Pertama adalah bagaimana menafsirkan situasi awalnya, dan bagaimana berpikir menanggapi atau mempersiapkan respon Anda.

♦ Kedua Anda benar-benar berurusan dengan situasi.

♦Ketiga menghadapi apa pun yang terjadi selama situasi yang benar-benar memprovokasi.

Setelah situasi, belajar untuk mendorong diri untuk berurusan dengan perasaan dengan cara yang tidak menyakitkan.

Anda dapat berlatih untuk stres sehari-hari dengan cara yang sama, dengan menempatkan diri Anda dalam situasi yang menantang.

Kabar baiknya, mempraktikkan stres sebenarnya bisa menyenangkan, bahkan mendebarkan. Kuncinya adalah mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman Anda.

Pengalaman yang menantang tidak hanya akan membuat Anda lebih percaya diri, tetapi paparan berulang terhadap situasi stres juga dapat mengubah respons biologis tubuh Anda terhadap stres.

Hormon stres Anda menjadi kurang responsif, memungkinkan Anda menangani stres dengan lebih baik saat stress itu datang.

Seperti, pelatihan dasar militer semuanya dirancang untuk membuat orang tidak nyaman dan membangun keterampilan mereka sehingga mereka akan menjadi lebih mampu menangani stres di kemudian hari.

Contoh lainnya: Ketika anak-anaknya masih kecil, dia mengajak mereka dalam perjalanan petualangan yang mencakup “tingkat kecemasan” seperti bertemu satwa liar atau tinggal di daerah terpencil sebagai cara untuk membangun kepercayaan diri dan mempersiapkan mereka menghadapi peristiwa yang membuat stres.

Menempatkan diri Anda atau anak-anak Anda dalam situasi sosial yang sulit atau berbicara di depan umum dapat membantu orang dewasa dan anak-anak mengumpulkan keterampilan sosial dan intelektual yang membantu pada saat stres.

Jalani hidup Anda sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan keterampilan yang memungkinkan Anda menangani stres.

Langkah Anda selanjutnya…

Stres bisa terjadi karena tekanan hidup baik oleh masalah yang tidak kunjung teratasi, sakit yang tak kunjung sembuh, harapan yang tak kunjung terwujud, perasaan sedih, kecewa, di khianati, tidak bahagia meskipun memiliki segalanya, dan berbagai sebab lainnya.

Jika Anda Anda ingin mengatasi stres atau bahkan menghilangkan stres dengan lebih cepat dan efektif, sekaligus mampu mengatasi masalah lain yang ditimbulakannya dan menemukan solusi untuk berbagai masalah hidup lainnya serta cara mewujudkan harapan dalam hidup dengan mudah dan cepat, Ikuti Pelatihan Quantum Bioenergi.

Berbagai manfaat Quantum Bioenergi, silahkan klik>> Program Quantum Bioenergi

Mengatasi Stres

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *