Home » Artikel » Artikel Islami » 7 Persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan

7 Persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

BAGIKAN :

Persiapan aqpa saja yang sudah Anda lakukan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan?

Menyambut bulan suci Ramadhan – Umat muslim di seluruh dunia pasti menanti-nanti kedatangan bulan suci Ramadhan, bulan istimewa karena nilainya sama dengan bulan seribu bulan. Untuk itu, kedatangan bulan penuh berkah dan pahala ini akan disambut dengan sukacita oleh umat muslim. Ada banyak cara dalam menyambut bulan suci ramadhan, namun, jangan sampai Anda melakukan hal yang sia-sia atau cenderung mubadzir yang tidak berdampak pada peningkatan kualitas iman, takwa dan kualitas diri Anda.

Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat  muslim yang menjanjikan pintu surga, pengampunan, dan pahala berlipat ganda dari Allah. Hal ini terlihat dalam hadits, “Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu juga dibukakan pintu Surga serta ditutupnya pintu-pintu Neraka…” (Riwayat Ahmad).Untuk menambah amal ibadah puasa Anda nantinya, sebaiknya Anda melakukan berbagai hal positif dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini. Lalu, seperti apa sajakah hal atau kebiasaan yang hendaknya dilakukan dalam menyambut kedatangan bulan penuh pengampunan dari Allah ini?

Baca juga: Rahasia Puasa Ramadhan yang Harus Anda Ketahui

Berikut ini beberapa cara menyambut bulan suci Ramadhan yang sesuai dengan kehendak Allah. Dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, diharapkan Anda mampu menjadi pribadi yang positif dalam mempersiapkan diri melaksanakan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Bergembira menyambut bulan puasa.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan merupakan Bulan yang mulia, karena itu setiap umat muslim seyogyanya menyambut kedatangannya dengan gembira penuh suka cita. Sebagaimana tertuang dalam hadits Berikutini:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad)

Begitu mulainya bulan ramadhan dimana salah satu keutamaannya adalah Allah membuka pintu –pintu syurga dan menutup Pintu-pintu neraka. Artinya ramdhan menjanjikan banyak sekali kebaikan dan kita harus menyambutnya agar bisa menikmati kemulyaan dan keutamaan bulan suci tersebut.

 

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Miliki niat berpuasa

Dalam bulan ramadhan terdapat satu kewajiban istimewa yang tidak Allah wajibkan pada bulan lainnya yaitu perintah puasa sebulan penuh. Ini hukumnya wajib, oleh karena itu kita harus menjalankannya dengan niat yang kuat, tulus dan ikhlas. Karena dalam puasa itu Allah juga menjanjikan pahala, ampunan dan banyak sekali kebaikan dan keutamaan.

Dengan niat yang kuat untuk menjalankan puasa insyaallah kita akan melewati hari-hari di bulan ramadhan dengan mudah. Perihal niat puasa ada penjelasannya dalam sebuah fatwa seperti dibawah ini:

“Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum; setiap muslim berniat untuk berpuasa.” (Majmu’ Fatawa, 6:79)

Sementara itu niat untuk puasa juga harus dilafadzkan; Dan kebanuyakan kaum muslimin menguatkan niat puasa dengan membaca doa yang artinya:

“Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala.”

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Berdoa

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

 Dalam Menyambut Bulan suci Ramadhan selain disertai perasaan suka cita, niat puasa dan berbagai perasaan iklas penuh harap mendapat keberkahannya juga disertai doa.

Mengenai doa ini bisa Anda ucapkan sebelumnya sebagaimana di jabarkan dalam sebuah hadits Berikut:

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.” (HR. Ahmad dan Ath-Thabrani)

Hadits tersebut mengyiratkan makna akan harapan besar dan perhonan agar dipertemukan dengan bulan ramadhan. Hal ini karena banyaknya karunia Allah yang di turunkan dalam bulan ramadhan. Banyak keutamaan dan juga berbagai kebaikan.

 

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Meningkatkan ilmu agama

Memang menuntut ilmu merupakan kewajiban yang tidak pernah putus. Untuk menyambut ramadhan kita juga sebaiknya meningkatkan ilmu, amaliah khusus dan berusaha menambah kemampuan kita tentang agama. Karena dalam bulan ramadhan, banyak sekali kebaikan dan syaiton pun di belenggu sehingga godaan yang harus kita hadapi yang merupakan halangan dalam menuntut ilmu  sesungguhnya berkurang pada bulan itu.

Maka kuatkanlah tekat untuk menuntut ilmu, memahaminya dan mengamalkan ilmu agama dengan baik. Bagi yang belum memuli mulailah semenjak bulan ini, dan jadikanlah bulan ini sebagai bulan penggemblengan. Sehingga setelah ramadhan kita bisa menjadi manusia baru yang lebih baik ahlaknya, dalam ilmunya dan istiqomah dalam mengamalkannya.

Bengenai ilmu dan menuntut ilmu setiap muslim wajib mencarinya sesuai dengan ajaran yang benar. Sehingga bagi yang tidak tahu mengenai ilmu yang berkaitan dengan agama wajib mencari tahu. Sebagaimana di jabarkan dalam firman Allah Berikut:

“Maka bertanyalah pada orang-orang yang berilmu jika kalian tidak mengetahui.” (QS. Al-Anbiya’ [21] : 7).

 

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Menyucikan diri

Bulan ramadhan adalah moment untuk mensucikan diri. Bagi yang merasa banyak dosa bisa memohon ampun dengan meningkatkan kualitas diri, kualitas ibadah dan banyak berbuat kebaikan. Mensucikan diri juga bermakna membersihkan jiwa dari dosa-dosa baik di sengaja maupun tidak disengaja. Dalam makna lain mensucikan diri bisa dilakukan dengan menambah ketakwaan kepada Allah SWT.

Seperti firman Allah berikut ini:

Demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (perilaku) kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikannya, dan sungguh merugi orang yang mengotorinya.” (Qs. asy-Syams/91: 7-10).

Ayat-ayat ini menjelaskan bahwa seseorang dapat membersihkan jiwanya melalui ketakwaan kepada Allah ‘Azza wa Jalla. (Sumber: https://pengusahamuslim.com/2013-menyucikan-jiwa-membersihkan-qalbu-12.html).

 

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Bersyukur kepada Allah

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kita juga harus menyambut Bulan mulia ini dengan banyak bersyukur. Bersyukur karena kita masih bisa dipertemukan dengan Ramadhan lagi. Bersyukur karena kita diberikan kenikmatan luar biasa sehingga pada bulan ramadhan kita bisa menigkatkan iman dan taqwa kita.

Mengenai anjuran untuk bersyukur terdapat juga dalam firman Allah Sebagai berikut:

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. [Al-Baqarah/2:152]

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]

(Sumber: https://almanhaj.or.id/4102-anjuran-mensyukuri-nikmat.html)

 

  1. Menyambut bulan suci Ramadhan : Bertaubat kepada Allah

Bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan dan rahmat akan menjadi moment paling tepat untuk bertaubat. Dimana ibadah kita dilipatgandakan pahalanya dan pintu ampunan terbuka lebar. Maka dalam menyambut bulan suci ramadhan kita sebaiknya mengisinya dengan pertaubatan dan kembali ke jalan Allah. Serta istiqomah untuk menambah takwa, agar kita menjadi pribadi yang lebih baik setelah ramadhan dan meraih kemenangan.

Mengenai taubat ini Allah berfirman yang artinya:

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.( QS. An-Nur : 31)

*******

Demikian beberapa persiapan  yang perlu Anda lakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Selain melakukan persiapan-persiapan di atas, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi jasmani dan rohani Anda dengan benar. Salah satu persiapan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup. Agar Anda bisa meraih apa yang menjadi keutamaan bulan suci ramadhan, Memperoleh berkahnya juga mendapat berbagai kebaikan dari Bulan Ramadhan.

Selain itu, jika merasa kurang berstamina, mudah lelah, tidak bersemangat dan kesehatan menurun saat sudah tiba waktu menyambut bulan suci ramadhan, segera charger fisik, mental dan spiritual Anda dengan meningkatkan kualitas energi. Anda bisa mendapatkannya melalui proses Adjustmen dalam program-pelatihyan atau dari produk Bioenergi.

Bagi Anda yang memiliki waktu untuk mengikuti program pelatihan, dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan,  Bioenergi Center juga menghadirkan program pelatihan, Seminar dan penawaran discount produk Istimewa. Bahkan untuk seminar bisa Anda ikuti secara online dan offline tanpa biaya. Sementara khusus untuk program pelatihan Zona Kaya, GIM, Quantum, MPH, hadir dengan berbagai keistimewaan dan penawaran menarik. Demikian pula untuk Produk Bioenergi Seperti Kapsul Bioenergi, kapsul Penyembuhan Bioenergi, Kapsul Kecerdasan, Buku Solusi Kecerdasan Bioenergi, CD Audio Biosound bahkan ada program discont, s/d 50% dan Beli satu Gratis Satu.

*******

Selengkapnya  tentang penawaran ramadhan Bioenergi Center. Baik  discont s/d 50%, Beli 1 GRATIS 1, dan Promo Istimewa serta bonus menarik dari program Pelatihan dan Produk Bioenergi Silakan klik Program Ramadhan 2019 dari Bioenergi Center .


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :