Home » Artikel » Artikel Umum » Ramadhan » 9 Keutamaan & Pahala Sedekah di Bulan Puasa

9 Keutamaan & Pahala Sedekah di Bulan Puasa

Sedekah di Bulan Puasa

BAGIKAN :

Mau Tahu Keutamaan dan Pahala Sedekah di Bulan Puasa?

Sedekah di bulan puasa – Selain berpuasa, sedekah merupakan salah satu ibadah terbaik untuk memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah selama bulan Ramadhan. Bahkan, dalam Surat Al-araf ayat 16 disebutkan bahwa sedekah merupakan amal kebaikan yang memiliki pahala berlipatganda dari Allah sebanyak 10 hingga 700 kali lipat. Untuk bisa mendapat keutamaan dan pahala melalui sedekah di bulan puasa, Anda harus memiliki sesuatu yang bisa disedahkan baik berupa harta, potensi dari pemikiran, waktu, tenaga, dan berbagai hal yang bermanfaat.

Ajaran agama Islam pada hakikatnya memerintahkan umat Allah untuk bersikap murah hati, salah satunya dengan bersedekah. Hal ini sesuai dengan dua hadits berikut.

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

Sedekah di bulan puasa tentu memiliki banyak keutamaan dan pahala yang bermanfaat bagi kebahagiaan hidup manusia, baik di dunia maupun akhirat. Lalu, apa sajakah keutamaan-keutamaan sedekah tersebut?

Berikut ini beberapa keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan memahami keutamaan tersebut maka diharapkan Anda akan selalu bersyukur kepada Allah atas pahala yang telah ia janjikan dilimpahkan kepada Anda.

Baca juga: Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Persiapan Lahir dan Batin

  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Masuk ke dalam surga

  • Sedekah Di Bulan Puasa
  • “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Mendapatkan pahala orang yang berpuasa

  • “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”) “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa dengan beberapa ruthab (kurma basah), jika tidak ada maka dengan beberapa tamr (kurma kering), jika tidak ada maka dengan beberapa teguk air.” (HR. At Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi, 696).
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Pahala akan dilipatgandakan oleh Allah

  • “Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955).
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Allah akan menghapus dosa Anda

  • “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Allah memberikan naungan di hari akhir nanti

  • Sedekah di Bulan Puasa
  • “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Mendapat berkah dari Allah

  • “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Melipatgandakan rezeki

  • “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Masuk pintu surga di golongan sedekah

  • “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)
  1. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa : Memadamkan api siksa kubur

  • “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

*******

Demikian beberapa keutamaan dan pahala sedekah di bulan puasa yang sangat penting untuk Anda ketahui. Keutamaan dan pahala sedekah di bulan ramadhan ini, semoga bisa menjadi inspirasi kita untuk bersedekah dengan cara yang baik. Jika Ingin semakin menambah pundi-pundi amal dan sedekah Anda. Namun kondisi ekonomi atau keuangan Anda tidak memungkinkan, bersedekahlah dengan apa yang terbaik yang Anda miliki dalam hidup Anda. Yang bisa jadi nilainya lebih dari sekedar harta yang ingin Anda sedekahkan. Namun dalam hal ini Anda perlu mengetahui lebih lanjut potensi-potensi yang Anda miliki dan mengelolanya sehingga mampu meningkatkan kualitas diri dan menambah sedekah di bulan puasa bagi Anda.

*******

Jika Anda belum tahu caranya, dan ingin meningkatkan kualitas diri dengan cepat untuk meningkatkan kualitas hidup termasuk kulaitas spiritual. Sehingga Anda bisa beramal dengan nilai terbaik sesuai keinginan Anda, Anda bisa belajar tentang itu semua dalam program pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center. Dengan Pelatihan Maka Anda akan mendapatkan berbagai ilmu yag bermanfaat untuk mengatasi masalah bisnis/usaha, karir, kerezekian, dan masalah hidup lainnya dengan baik.

Bahkan jika ANda memiliki masalah hutang piutang sehingga menghambat keinginan ANda untuk Sedekah di bulan ramadhan / puasa Anda bisa mendapatkan solusinya dalam pelatihan Zona Kaya atau GIM Bioenergi atau Quantum Bioenergi.di Bioenergi Center. Program pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi Anda dalam menemukan strategi bekerja dan solusi untuk mengatasi setiap masalah dalam pekerjaan/bisnis Anda. Sehingga mempermudah bagi Anda untuk menjadi pribadi yang sukses dan kaya. Dan, dengan kekayaan yang Anda miliki tersebut akan membuka pintu yang membuat leluasa untuk bersedekah dan beramal.

 

 

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :