Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hidup » Ujian Hidup Yang Berat dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Ujian Hidup Yang Berat dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Ujian Hidup yang Berat

BAGIKAN :

Ujian Hidup Yang Berat bisa menimpa siapa saja dalamkehidupannya. Setiap tahapan kehidupan manusia pasti ada lika-likunya. Kadang dapat merasakan kebahagiaan karena harapan keinginan terwujud. Namun kadang juga harus menghadapi masalah, cobaan, ujian dan kondisi yang tidak mengenakkan. Bahkan ada saatnya manusia dihadapkan dengan ujian hidup yang berat agar manusia tersebut bisa menjadi manusia lebih baik, asalkan mampu menghadapinya.

Apapun bentuk dari ujian hidup, sesungguhnya merupakan sarana yang akan menambah pengalaman hidup. Meski begitu tidak semua manusia bisa menerima ujian dengan ikhlas apalagi apabila ujuan itu dalam bentuk ujian hidup yang berat dan datang bertubi-tubi. Ibarat belum lolos dari satu ujian harus berhadapan dengan ujian hidup lainnya. Banyak motivasi ujian hidup yang juga tersaji di media-media, namun biasanya hanya mampu memberikan pencerahan sesaat.

Kita tetap harus bisa mencari solusi terbaik dari setiap ujian hidup yang berat agar tidak semakin membebani hati dan pikiran. Dengan belajar dan memahami keadaan melalui renungan ujian hidup, sekiranya kita bisa mengambil iktibar dari kejadian yang kita alami. Semua itu juga harus disertai keyakinan bahwa Allah memberikan kita ujian hidup yang berat karena kita punya kekuatan dan pasti mampu melaluinya. Keyakinan itu akan menambah energi kita untuk bisa menghadapai ujian apapun yang kita alami.

Baca juga: Cobaan Hidup Setelah Menikah dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa saja bentuk ujian hidup yang berat dalam kehidupan manusia?

Ujian Hidup yang Berat

Sebuah ujian hidup bisa terasa berat bagi seseorang namun belum tentu terasa berat bagi yang lainnya. Mengapa? Karena setiap manusia lahir dengan kekuatannya sendiri-sendiri dan telah tertulis pula takdirnya sendiri beserta cobaan, ujian, juga keberuntungannya. Manusia hanya tinggal menjalani dan apabila sedang ditimpa sebuah ujian dalam hidup, artinya sedang mendapat perhatian dari Allah. Karena itu tugas setiap manusia adalah menghadapi dan menyelesaikannya dengan cara-cara terbaik.

Mengenai ujian hidup juga dijelaskan dalam Al-Qur’an QS: Ali Imran (3): 186. “Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan”.

Dari ayat tersebut mengandung pesan bahwa Allah memberitahukan bahwa setiap manusia pasti akan mendapat ujian atau cobaan. Ujian hidup itu bisaberupa:

  • Masalah Harta/Benda

Ujian hidup berkaitan dengan harta benda misalnya ujian dalam bentuk kekayaan, kemiskinan, atau kekurangan harta benda. Artinya ujian hidup seperti ini berkaitan erat dengan aktifitas pekerjaan, usaha atau bisnis yang berkaitan dengan masalah harta.

Terkadang bentuk ujian ini berupa kekagalan usaha atau bisnis, karir yang tidak berkembang, usaha yang maju dan omset terus meningkat namun kemudian ditipu orang, kebangkrutan, dan sejenisnya. Berkaitan dengan ujian harta maka berkaitan pula dengan bagaimana mendapatkannya, cara mengelolanya, membelanjakannya dan sebagainya.

  • Jiwa

Ujian hidup yang berat

Adapun bentuk dari gangguan jiwa yang menjadi ujian hidup manusia itu berupa kecemasan, kelelisahan, rasa takut dan sejenisnya. Dalam era modern ini adanya stres dan depresi, ketidak tenangan dalam hidup, ibadah tidak khusuk, pikiran negatif juga bentuk ujian yang masuk dalam kategori jiwa. Termasuk penyakit hati, dalam bentuk iri dengki dari orang lain, penyakit fisik bahkan kematian.

  • Gangguan dari luar diri manusia

  • Seperti gangguan dari Ahli kitab sebelum kita, orang-orang musrik, termasuk propaganda hitam, kata-kata yang menyakitkan dan isu-isu atau fitnah.

Mengenai ujian yang tergolong dalam tipe ketiga ini apabila diaplikasikan di jaman sekarang bisa dalam bentuk fitnah dan propaganda hitam. Termasuk karena maraknya persaingan maka kemudian seseorang bisa terkena santet, guna-guna, teluh dan sejenisnya.

Propaganda hitam atau fitnah ini termasuk bentuk ujian hidup yang berat bagi manusia. Karna untuk mengatasinya tidak mudah. Apalagi apabila itu berkaitan dengan fitnah dan tipudaya hitam maka akan melibatkan banyak manusia lainnya dan untuk mengatasinya pun diperlukan energi besar.

Mengapa Ujian Hidup Yang Berat Ini Ditimpakan Kepada Manusia?

Ujian hidup yang berat

Allah telah memberitahukan kepada orang-orang yang beriman tentang adanya ujian hidup bagi manusia tak lain agar manusia mempunyai persiapan untuk menghadapinya. Persiapan untuk menghadapi ujian hidup tentusaja tidak hanya berupa persiapan fisik atau persiapan harta atau segala sesuatu yang bersifat finansial. Namun perlu persiapan hati, mental energi yang bisa kita jadikanbekal dan modal untuk menghadapi masalah ujian hidup yang datang kepada kita.

Persiapan kita menghadapi ujian hidup yang berat sebagaimana diperintahkan kepada kita manusia adalah ketaqwaan dan kesabaran. Namun bentuk dari taqwa dansabar itulah yang harus kita jabarkan secara nyata dalam kehidupan ini. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ujian hidup yang berat diluar taqwa dan sabar adalah denganmeningkatkan kualitas diri juga kualitas energi kita.

Untuk itu Anda bisa mengikuti programpelatihan di Bioenergi Center. Disana Anda akan mendapatkan berbagai ilmu yang langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan. Bukan hanya ilfu teknis, tetapi juga ilmu yang berkaitan dengan strategi dan solusi serta cara-cara spiritual agar bisa sukses dalam hidup. Sukses berarti juga mampu mengatasi setiap masalah dan mewujudkan harapan keinginan dalam hidup. Dengan mengikuti programpelatihan seperti Zona Kaya, Gemblengan Ilmu Metafisik atau Quantum Bioenergi Anda juga akan mendapatkan berbagai pengalaman rohani yang akan meningkatkan kualitas energi dsan spiritual Anda sehingga Anda akanmenjadi pribadi yang berkualitas. Lebih sehat, sukses, sejahtera, bahagia, hidup tenang dan damain serta dekat dengan Tuhan.


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :