13 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja - Bioenergi Center

Pada dasarnya ada faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya produktivitas kerja seorang pegawai atau karyawan. Produktivitas dalam bekerja akan sangat mempengaruhi tujuan dari perusahaan itu sendiri. Sementara itu pencapaian-pencapaian target sebagai hasil dari pekerjaan karyawan juga berkaitan erat dengan produktivitas dalam bekerja.

Bagaimana produktivitas dalam pekerjaan bisa meningkat kalau tidak memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya? Sementara apa yang dikatakan orang sebagai produktifitas itu merupakan proses yang harus dilakukan secara kontinue dan penuh konsistensi.

Sehingga proses tersebut menghasilkan sesuatu yang memberi dampak positif bagi perusahaan dan juga karyawannya.

Menurut Panji dan Anoraga (Nimas, 2007) faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, antara lain:

(1) Pendidikan

Pada umumnya seseorang yang mempunyai pendidikan yang lebih tinggi akan mempunyai produktivitas dalam bekerja yang lebih baik. Dengan demikian pendidikan merupakan syarat yang penting dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Tanpa bekal pendidikan atau belajar mustahil orang akan mudah dalam mempelajari hal-hal yang bersifat baru.

(2) Produktivitas Kerja di pengaruhi Motivasi

Pimpinan perusahaan perlu mengetahui dan memahami motivasi kerja dari setiap karyawannya. Dengan mengetahui motivasi itu, maka pimpinan dapat membimbing dan mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik.

(3) Disiplin kerja

Disiplin kerja adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang senantiasa berkehendak untuk mengikuti dan memahami segala peraturan yang telah ditentukan. dalam hal ini disiplin kerja mempunyai hubungan yang erat dengan motivasi.

Kedisiplinan dapat dibina melalui latihan-latihan antara lain dengan bekerja menghargai waktu dan biaya yang akan memberikan pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan.

(4) Ketrampilan merupakan faktor penting Produktivitas Kerja

Dalam dunia kerja ketrampilan atau skill banyak pengaruhnya terhadap produktivitas dan kinerja karyawan. Ketrampilan kerja karyawan dalam perusahaan dapat ditingkatkan melalui kursus-kursus atau latihan kerja.

(5) Sikap dan etika kerja

Sikap seseorang atau kelompok orang dalam membina hubungan yang serasi, selaras dan seimbang di dalam kelompok itu sendiri maupun dengan kelompok lain dan etika dalam hubungan kerja sangat penting artinya, dengan tercapainya hubungan dalam proses produksi akan meningkatkan produktivitas.

(6) Gizi dan kesehatan

Daya tahan tubuh seseorang biasanya dipengaruhi oleh gizi dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Gizi yang baik akan mempengaruhi kesehatan karyawan dan semua itu akan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.

(7) Tingkat penghasilan

Semakin tinggi prestasi kerja karyawan akan semakin besar penghasilan. Dengan penghasilan yang cukup akan memberikan kepuasan terhadap karyawan yang menjadi karyawan tersebut mempunyai semangat kerja. Penghasilan berbanding lurus dengan prestasi, produktivitas, pencapaian-pencapaian target dan kualitas hasil pekerjaan karyawan.

(8) Lingkungan kerja dan iklim kerja

Lingkungan kerja karyawan disini termasuk hubungan antar karyawan, hubungan dengan pimpinan, lingkungan kerja, penerangan dan lain-lain. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan perhatian perusahaan karena karyawan enggan bekerja karena tidak ada kekompakan kerja atau ruang kerja yang tidak menyenangkan. Hal ini dapat mengganggu kerja karyawan.

(9) Tekhnologi

Adanya kemajuan tekhnologi meliputi peralatan yang semakin otomatis dan canggih yang dapat mendukung tingkat produksi dan mempermudah manusia dalam melaksanakan pekerjaan.

(10) Sarana produksi

Faktor-faktor produksi harus memadai dan saling mendukung dalam proses produksi. Semua itu menjadi bagian tak terpisahkan dari produktivitas itu sendiri. Apabila sebuah perusahaan menggunakan sarana produksi yang memadai.

Dan mendukung daya ungkit bagi karyawan dalam melakukan aktivitas, maka sarana produksi itu mampu memberi nilai lebih. Artinya efektif dalam memberi manfaat dan meningkatkan hasil kerja dengan baik.

(11) Jaminan social

Perhatian dan pelayanan perusahaan kepada setiap karyawan menunjang kesehatan dan pelayanan keselamatan. Dengan harapan supaya karyawan semakin bergairah dan mempunyai semangat kerja.

12) Manajemen

Adanya manajemen yang baik, maka karyawan akan terorganisasi dengan baik pula. Dengan demikian tingkat produktivitas dan kualitas kerja akan lebih maximum.

(13) Kesempatan berprestasi

Setiap orang dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, dengan diberikan kesempatan berprestasi maka karyawan akan meningkatkan produktivitas kerjanya.

Itulah 13 faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja. Jika Anda ingin meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja karyawan atau perusahaan Anda, ikuti Pelatihan Quantum dari Bioenergi Center.

Melalui Pelatihan Quantum akan membantu Anda dalam menemukan solusi atas masalah produktivitas kerja dan produktivitas perusahaan Anda. Sehingga produktivitas kerja karyawan dapat meningkat dan mampu berkontribusi menjadikan departemen atau perusahaan yang Anda pimpin menjadi lebih maju dan berkembang.

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja - Bioenergi Center

Artikel menarik lainnya:

Apakah Anda ingin lebih jelas dan lebih yakin dengan niat baik Anda? Silahkan konsultasi terlebih dahulu dengan mengisi form dibawah ini

Bioenergi Menjadi Akhir Segala Solusi

Cara Cerdas Membersihkan Berbagai Bentuk Energi Negatif Penyebab Munculnya Penyakit & Masalah Hidup
Cara Cerdas Membersihkan Berbagai Bentuk Energi Negatif Penyebab Munculnya Penyakit & Masalah Hidup

Pastikan Anda mendapatkan berbagai manfaat Bioenergi Cleansing sehingga mudah sembuh dari sakit dan dan mudah mengatasi masalah lainnya dengan mudah, praktis, nyaman tanpa bantuan orang lain.
 

Daftar Sekarang
Dapatkan Jalan Spiritual Untuk Kesehatan, Kesuksesan & Kebahagiaan Anda!
Dapatkan Jalan Spiritual Untuk Kesehatan, Kesuksesan & Kebahagiaan Anda!

Saatnya Anda membuka hati dan pikiran Anda untuk mau belajar bagaimana cara memanfaatkan Kecerdasan Bioenergi melalui BUKU KECERDASAN BIOENERGI sebagai jalan spiritual untuk mengatasi berbagai masalah hidup.
 

Dapatkan Disini
Terobosan Baru Cara Optimasi Otak Anda
Terobosan Baru Cara Optimasi Otak Anda

Kapsul Kecerdasan adalah solusi praktis untuk meningkatkan fungsi otak agar putra-putri Anda lebih sehat, daya ingat kuat, lebih percaya diri, produktif, mandiri dan berprestasi

Dapatkan Disini
Wujudkan Harapan Anda Yang Masih Tertunda
Wujudkan Harapan Anda Yang Masih Tertunda

Langkah Demi Langkah Untuk Memanfaatkan Energi Keberlimpahan Terkait Uang, Kesehatan, Kesuksesan, dan Kebahagiaan Yang Anda Harapkan. Dengan Cepat Menarik Serta Mewujudkannya Menjadi Realitas Dalam Hidup Anda.
 

Dapatkan Disini
0 comment 6 views

Konsultasi & Solusi

Bersama HM Syaiful M Maghsri

“Temukan wawasan dan teknik yang kuat untuk menciptakan kesehatan yang bersinar, kebahagiaan, kemakmuran, kedamaian, dan aliran energi kehidupan yang membuat Anda bertumbuh di setiap aspek hidup Anda.”

Bioenergi Center

Konsultasi & Solusi

Bersama HM Syaiful M Maghsri

“Segera konsultasi dan dapatkan solusi yang tepat untuk menciptakan kesehatan, kesuksesan, kebahagiaan, kemakmuran, kedamaian, dan aliran energi finansial yang mencukupi segala kebutuhan Anda.”

Bioenergi Center

Solusi Untuk Anda

Cara Mengatasi Masalah | Cara Menjadi Kaya | Mengatasi Insomnia | Agar Usaha Maju & Berkembang | Pelatihan Bisnis | Cara Melunasi Hutang | Menjadi Pengusaha Sukses | Penyembuhan Penyakit | Pengobatan Alternatif | Cara Membuka Aura | Konsultan Bisnis | Cara Menghilangkan Stres | Meningkatkan Daya Ingat | Cara Mendapatkan Jodoh | Menjadi Wanita Karir | Manfaat Bioenergi

Ikuti Kami Di :

@2023 – Bioenergi Center. All Right Reserved.