Home » Artikel » Artikel Solusi » 15 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup melalui Hal Sederhana

15 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup melalui Hal Sederhana

Cara Mengembangkan Potensi Diri

BAGIKAN :

Ingin Tahu Cara Mengembangkan Potensi Diri Melalui Hal Kecil?

Cara mengembangkan Potensi diri dan meningkatkan kualitas hidup tidak harus dengan membuat satu gerakan besar. Anda bisa memulainya dengan terus memperbaiki diri dan itu adalah sesuatu yang dapat terus Anda kerjakan — dan biasanya bergantung pada hal-hal kecil yang Anda lakukan setiap hari.

Kenyataannya tak banyak orang yang memiliki waktu di dunia ini untuk memikirkan peningkatan diri dan cara mengembangkan potensi diri ketika ada pekerjaan dan keluarga serta tagihan yang harus dibayar.

Jadi, mari kita mulai dengan hanya melakukan hal-hal sederhana dari aktivitas harian yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Anda bisa mencoba satu (atau dua, atau lima, atau semua) cara ini agar potensi diri Anda lebih berkembang. Anda bisa melihat apakah itu membantu Anda menjadi “Anda” yang lebih baik, apakah meningkatkan kepercayaan diri Anda, mengurangi stres, menciptakan hubungan yang lebih dalam, atau menjadikan Anda individu yang lebih sehat sehingga Anda menjadi pribadi yang berkualitas?

1. Capai Kesadaran

Ketika Anda merasakan diri dalam kondisi stagnan, dan tidak tahu cara mengembangkan potensi diri, bahkan Anda tidak tahu apa potensi yang ada dalam diri Anda yang bisa dikembangkan, untuk itu Anda harus menemukan kesadaran diri Anda.

Anda harus “benar-benar mencoba menemukan kesadaran diri Anda dan untuk itu Anda bisa melakukan zikir atau meditasi” Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit (atau kurang!) untuk duduk dan melakukannya.

Dengan berzikir atau melakukan meditasi Anda akan menemukan ketenangan dan hal ini bisa menjadi jalan untuk memenukan kesadaran tertinggi Anda. Anda bisa melakukan perenungan mendalam sehingga bisa menenal diri Anda dan apa potensi dan kelebihan yang Anda miliki, yang bisa Anda kembangkan. Pencapaian kesadaran Anda adalah landasan kuat untuk mengembangkan potensi diri yang ANda miliki.

2. Kenali Diri Anda

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Cara apa yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas hidup Anda selain dengan mempelajari semua tentang kekuatan dan kelemahan Anda dan mengasah diri Anda untuk menjadi yang terbaik.

Dengan mengenali diri sendiri, Anda akan menjadi orang yang pandai mengukur diri bisa introspeksi diri dan melakukan perbaikan-perbaikan.

Mengenal diri berarti tahu apa yang ada dalam diri Anda. Mana yang harus di kembangkan, mana yang harus di hilangkan dan apa saja yang harus di lakukan.

Setelah Anda mengenal diri, dengan menemukan cara mengembangkan potensi diri yang efektif maka Anda akan menjadi pribadi yang optimis, dan fokus pada tujuan hidup Anda.

3. Jalani Kehidupan yang Seimbang

Kehidupan seimbang bisa Anda dapatkan dengan hidup sesuai apa yang seharusnya. Sebagai contoh, ketika dalam waktu kerja Adna ada waktu istirahat, pergunakanlah untuk benar-benar istirahat, untuk mengendurkan syaraf, uuntuk menikmati suasana dan me memanfaatkan momen terlepas dari beban walau sesaat.

Manfaatkan pula waktu ibadah Anda, sebagaimana mestinya, sesuai aturan agama Anda. Dan jangan kesampingkan untuk senantiasa mengikuti aturan yang berlaku dimanapun Anda berada.

Dengan cara itu Anda telah memberi diri Anda waktu istirahat selama jam kerja, Anda sudah selangkah lebih dekat ke kehidupan yang lebih sehat dan seimbang. Dan kesimbangan ini akan membuat banyak hal positif bisa Anda lakukan dengan lebih baik

4. Perlakukan Diri Anda Sendiri dengan Baik

Sudah berapa lama sejak Anda memanjakan diri Anda dengan pijat relaksasi atau manikur? Nah, mungkin ini minggu Anda untuk melakukannya. Apakah ada game yang selama ini ingin Anda unduh dan mainkan? Atau, tempat makan siang baru yang keren? Anda pantas mendapatkannya, jadi dapatkanlah (jangan berlebihan selama 30 menit untuk bersantai sudah cukup, terutama saat bekerja).

Tak perlu sering, lakukan hal ini sekali sebulan, atau tiga minggu sekali sanngatlah cukup. Dengan memperlakukan diri Anda sendiri secara istimewa, Anda akan menjadi respek terhadap orang lain, care terhadap lingkungan Anda, dan ini akan melatih kepekaan Anda terhadap hal-hal besar yang mungkin saja akan datang pada Anda.

5. Tinjau kembali Tujuan Anda

Anda mungkin membuat beberapa resolusi Tahun Baru atau menetapkan tujuan bulanan untuk diri Anda sendiri (baik di atas kertas atau di benak Anda). Sudahkah Anda mengikuti salah satu dari mereka?

Apakah ada yang bisa Anda singkirkan, atau ubah? Apakah Anda merasa percaya diri untuk mencapai semuanya? Luangkan waktu minggu ini untuk merenungkan secara positif seberapa jauh Anda telah berhasil, dan pikirkan tentang di mana Anda ingin berada — dan mungkin tuliskan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya.

6. Lakukan Rutinitas Pagi yang Konsisten

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Kunci untuk memiliki hari yang produktif, dan mengefektifkan waktu di pagi hari adalah “membagi setiap tugas menjadi langkah-langkah kecil, kemudian menjadwalkan semuanya dengan memulai dari penghujung hari dan bekerja mundur. ”

Ini berarti Anda tahu persis aktivitas apa yang akan Anda lakukan sejak Anda bangun tidur.

Kedengarannya agak berlebihan, tetapi alasannya mengapa ini bisa menjadi cara untuk mengembangkan diri adalah karena Anda tidak membuang waktu untuk mencoba memutuskan sesuatu. Dengan begitu pikiran Anda akan terlatih untuk berpikir secara terstuktur sehingga potensi otak Anda akan jauh lebih berkembang.

Dengan cara ini, Anda juga bisa membatasi diri Anda untuk melakukan hal sia-sia dan membuang waktu sia-sia, sehingga Anda akan selalu keluar rumah tepat waktu dan fokus pada tujuan.

7. Miliki Waktu Tidur yang Konsisten

Pagi yang bahagia dan sehat untuk memulai hari Anda dan kehidupan baru Anda, dimulai dengan rutinitas waktu tidur yang berkualitas dan dilakukan dengan konsisten. Tidak ada jawaban yang sempurna untuk membuatnya sendiri, tetapi yang terpenting adalah membuatnya dan menaatinya.

Jangan sepelekan hal kecil ini, karena dengan memiliki kualitas tidur yang baik akan membawa Anda pada mood yang baik pula dan akan membantu anda dalam mengembangkan potensi diri.

8. Set Ulang Kamar Tidur Anda untuk Tidur Malam yang Lebih Baik

Terutama saat Anda sibuk atau stres, mungkin sulit untuk mendapatkan tidur terbaik setiap malam, bahkan dengan rutinitas yang luar biasa. Jangan biarkan hal ini , segera lakukan perubahan kecil agar potensi diri berkembang.

Mulai dengan melakukan hal sederhana, cobalah menciptakan ruang di mana Anda akan selalu merasa nyaman tidur dengan menata kamar tidur Anda kembali.

Penataan kamar tidur yang rapi, bersih, nyaman, dan membiarkan cahaya matahari pagi masuk ke dalamnya akan mengalirkan energi yang positif. Tentu saja akan memberikan pengaruh baik pada pikiran, dan tanpa Anda sadari mampu menenangkan perasaan dan memudahkan munculnya ide.

9. Temukan Aktivitas Tengah Hari yang Menginspirasi 

Sama pentingnya dengan menetapkan jadwal untuk pagi dan malam hari, penting juga bagi Anda memiliki aktivitas yang dijamin akan membawa Anda keluar dari keterpurukan tengah hari yang terburuk.

Kembangkan 5 kebiasaan ini yaitu: Minum air purih, latihan peregangan, membaca sesuatu yang menyenangkan, membalas chat, mengucapkan syukur.  Atau, jika Anda seorang pecandu kopi, pertimbangkan untuk minum sesuatu yang  bisa untuk untuk membantu Anda memulihkan tenaga. Secangkir ice cream coklat mungkin, atau segelas juice buah kesukaan Anda.

10. Buat Makan Makan Malam Anda Sendiri

Membuat makanan Anda setiap hari walaupun hanya sekedar makan malam,  tidak hanya menjamin Anda memiliki kendali atas kesehatan Anda, tetapi juga lebih murah dan cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan baru atau bereksperimen dengan kemampuan memasak Anda.

Tak peduli Anda pria atau wanita, jika Anda mampu melakukan hal ini akan membuat potensi diri lebih terarah, berkembang, memperbanyak ketrampilan dan Anda bisa menemukan berbagai hal baru yang membuat Anda bahagia.

Perasaan bahagia ini yang akan menjadi cara mengembangkan potensi diri melalui kecerdasan emosional yang Anda pancarkan.

11. Menonton Vidio Talk Show/Baca Buku Pengembangan Diri

Dengan menonton vidio ceramah singkat tentang pengembangan diri akan membuat Anda memiliki tambahan pengetahuan baru. Bila Anda suka membaca cara ini juga sangat efektif untuk menjadi sumber inspirasi apa yang bisa Andalakukan agar Anda bisa mencapai tujuan hidup Anda.

Dari vidio atau buku atau bacaan online mungkin akan mengajari Anda lebih banyak hal baru tentang potensi diri dan pengembangannya  atau setidaknya menginspirasi Anda untuk berinovasi dan mewujudkan impian yang selalu Anda pikirkan.

Ditambah lagi, Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 20 menit — 30 menit, tonton satu saat bersiap-siap untuk bekerja di pagi hari, atau saat istirahat makan siang, atau saat Anda duduk di ruang tunggu untuk menambah pengetahuan dengan sangat cepat.

12. Lakukan Tugas Kecil yang Produktif

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Saya menyarankan Anda untuk menyisihkan 30 menit dan melakukan semua tugas penting yang selama ini ingin Anda lakukan, semuanya sekaligus.

Pertama, ini mencegah Anda melakukan multitasking di kemudian hari ketika email masuk dengan terburu-buru saat Anda mencoba melakukan pekerjaan Anda.

Kedua, hal itu memaksa Anda menangani hal-hal yang membuat Anda ngeri — hal-hal yang, setelah selesai, akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Anda bisa membersihkan meja kerja Anda, menghias meja kerja Anda, mengecek kalender untuk melihat janji temu atau hari istimewa orang tercinta, berzikir/meditasi/ dan melakukan hal yang membuat Anda terhibur.

13. Terhubung dengan Teman Lama atau Rekan Kerja Baru

Jika sudah lama Anda tidak bertemu atau berbicara dengan seseorang, hubungi dan beri tahu mereka bahwa Anda memikirkannya. Mungkin Anda bisa mencoba menghubunginya dengan cara kuno — mengirim surat fisik!

Tidak ada keraguan bahwa sepucuk surat dari kawan lama, membuat hari siapa pun menyenangkan. (Bukankah yang terburuk ketika Anda membuka kotak surat Anda tanpa hasil ?).

Atau, jika Anda belum memiliki kesempatan untuk bertemu dengan rekan kerja di departemen lain di kantor, atau rekan kerja baru yang baru bergabung minggu lalu, pertimbangkan untuk bertemu untuk makan siang atau minum kopi.

Dengan terhubung kembali dengan teman lama atau bertemu rekan kerja baru akan memperluas jaringan Anda, membangun relasi baru dan menciptakan harapan baru.

14. Bersihkan Lemari Anda

Yang saya maksud dengan “lemari” adalah meja Anda, kantor Anda, kamar tidur Anda, atau bahkan lemari dapur atau piring Anda. Membersihkan adalah menghilangkan stres, dan sebenarnya merupakan bentuk meditasi kesadaran.

Jadi, matikan dua tikus dengan satu batu dengan mengatur ulang ruang Anda dan mempraktikkan kesadaran diri yang positif.

Tanpa Anda sadari dengan membersihkan tempat-tempat yang Anda pakai juga akan menarik isinya dengan cara-yang lebih baik, dan ini merupakan cara mengembangkan potensi diri dari sisi energi dan batin Anda, meski tanpa sepengetahuan Anda.

15. Keluar

Perhatikan bagaimana saya tidak mengatakan “pergi ke gym” atau “lari”. Karena, ya, olahraga itu bagus. Tetapi bagi kebanyakan orang, termasuk saya, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Jadi, saya punya pilihan lain untuk Anda — yaitu pergi ke luar. Berjalan-jalan, duduk di taman dan membaca, atau bersepeda santai. Berada di luar ruangan akan sangat baik untuk Anda dalam banyak hal.

Ini meningkatkan kreativitas, dan mengembangkan potensi, dari pikiran positif saat hati Anda merasa bahagia.  Membantu Anda menjalani hidup dengan lebih baik, membuat kita lebih fress pikiran, dan itu mungkin benar-benar membuat Anda lebih sehat secara fisik dan mental.

Melalui 15 Cara Mengembangkan Potensi diri dengan melakukan hal-hal sederhana seperti diatas dapat menjadi langkah awal Anda untuk mengetahui potensi diri yang Anda miliki, kelebihan Anda, serta cara-cara yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu Anda beraktivitas. Dan dari sana Anda bisa melakukan perubahan agar tujuan hidup Anda dapat tercapai.

Langkah Anda selanjutnya…

Sebagai cara paling efeftif untuk mengembangkan diri, sehingga Anda dapat memiliki kehidupan yang lebih berkualitas, lebih sehat, sukses, makmur, penuh keberlimpahan, bahagia dan dekat dengan Tuhan, ikuti Program pelatihan Bioenergi Abundance.

Berbagai Manfaat Program Pelatihan Bioenergi Abundance silahkan klik>> Cara Agar Uang, Kebahagiaan dan Kelimpahan Mengalir Dalam Hidup Anda.

Cara Mengembangkan Potensi Diri

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *