Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hidup » Cara Menghadapi Masalah yang Datang Silih Berganti dan Solusinya

Cara Menghadapi Masalah yang Datang Silih Berganti dan Solusinya

Cara Menghadapi Masalah

BAGIKAN :

Cara Menghadapi Masalah – Sepanjang kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. Masalah akan selalu datang silih berganti seiring waktu berjalan selama kehidupan masih ada.

Perlu di pahami juga bahwa setiap diri memiliki tujuan dan harapan dalam hidup yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Pemikiran berbeda, cara pandang berbeda, latar belakang berbeda. Dan tak jarang interaksi dengan orang lain serta perbedaan-perbedaan ini mengakibatkan gesekan dalam kehidupan sehingga menimbulkan berbagai masalah hidup.

Meski begitu setiap ada masalah yang datang, kita harus menghadapinya dan segera mencari cara mengatasi masalah hidup tersebut untuk menemukan solusi yang tepat.

Solusi yang tepat akan membuat masalah cepat teratasi sehingga tidak mengakibatkan masalah baru yang lebih rumit dari sebelumnya dan lebih dan sulit diatasi. Untuk menghadapi masalah yang datang kita harus senantiasa mempersiapkan riri menjadi orang yang lebih baik, serta lebih kuat secara hati dan pikiran.

Kekuatan itu yang akan memberikan Anda energi yang menghubungkan Anda dengan kemudahan – kemudahan dalam menghadapi masalah dan bisa menemukan solusi masalah hidup yang datang dengan bijak.

Berbagai masalah yang datang silih berganti sesungguhnya memberikan kita berbagai hal baru yang berbeda. Seperti tantangan baru, peluang baru dan bisa jadi jalan kesuksesan yang baru.

Apapun masalah yang datang dalam hidup Anda, baik yang berat atau ringan, termasuk masalah yang sering muncul, atau yang selalu datang silih berganti harus dihadapi dengan cara yang cerdas yang tidak menguras energi. Disinilah kualitas diri kita diuji apakah kita bisa mengatasi masalah atau justru semakin terpuruk dalam masalah tersebut.

Berikut ini cara menghadapi masalah dalam hidup yang bisa Anda praktekkan!

1. Berserah diri

Entah kapan waktunya dan dalam bentuk apa, masalah pasti akan datang menghampiri Anda. Baik karena sebab kesalahan yang Anda lakukan atau sebab lain diluar kuasa Anda.

Untuk itu Anda harus bisa mengkondisikan pikiran dan hati untuk bisa menerima masalah yang datang. Dan untuk menemukan cara mengatasi masalah hidup yang menghampiri Anda Anda butuh ketenangan.

Karena itu Anda harus berserah diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga mampu menemukan solusi dengan tepat. Berserah diri bukan berarti menyerah. Dengan  ketenangan akan membuka hati dan pikiran melihat masalah dari sisi yang positif.

Berserah diri juga bukan bermakna tidak melakukan apa-apa. Namun berserah diri merupakan cara untuk menghubungkan diri dengan pemilik energi tinggi.

Dan merupakan sebuah upaya untuk bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Kalau tidak kepada sang maha tinggi, kepada siapa lagi kita akan meminta pertolongan selain kepada Dia yang Maha Besar? yaitu Allah SWT.

2. Temukan Akar Permasalahan

Cara Menghadapi Masalah

Akan sulit bagi siapapun untuk menemukan cara yang tepat dalam mengatasi masalah hidup jika belum menemukan apa yang menjadi akar permasalahan.

Untuk itu ketahui & pahami dengan baik apa sesungguhnya masalah yang melingkupi hidup Anda. Dengan demikian Anda akan punya arah yang jelas dan tepat dalam menemukan solusinya.

Dengan mengetahui akar permasalan secara jelas, Anda bisa mengetahui dengan benar bahwa upaya yang dilakukan sudah berjalan di trek yang benar.

Jangan sampai Anda berjibaku mencari solusi, yang ternyata tidak ada kaitannya dengan masalah yang tengah dihadapi. Cobalah melihat lebih dalam dan menolehlah ke belakang, untuk tahu bagaimana awal mula masalah tersebut bisa muncul.

Seringkali masalah justru muncul dari hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Dan hal-hal yang selama ini Anda pikir baik-baik saja, ternyata justru menjadi pemicu masalah.

3. Tidak Membesar-besarkan Masalah

Ada hal penting yang harus Anda camkan baik-baik saat mencari cara mengatasi masalah hidup, yaitu jangan membesar-besarkan masalah yang ada.

Jika masalah yang menghampiri Anda itu masalah biasa, tidak perlu bumbu tambahan sehingga masalah menjadi rumit. Tidak perlu juga masalah digoreng sehingga memanas dan menimbulkan banyak reaksi. Karena hal itu justru akan membuat masalah menjadi buruk.

Siapapun yang suka membesar-besarkan masalah biasanya akan menderita oleh pikiran sendiri. Oleh karena itu Anda perlu memastikan dalam kondisi dihimpit masalah pun hati dan pikiran tetap terkontrol, sehingga tidak membuat hidup Anda menjadi buruk karena pikiran Anda sendiri.

Tapi tidak berarti juga Anda harus mengecilkan masalah, karena malah akan membuat Anda meremehkan persoalan yang harus Anda hadapi. Tempatkan masalah pada tempatnya dan sesuai porsinya agar tidak menjadi beban.

Sehingga akan membuat Anda lebih mudah menemukan cara mengatasi masalah hidup yang datang dan mendapat solusi yang tepat.

4. Lihat Masalah Dari Sudut Pandang yang Lain

Tidak mustahil, ketika masalah hidup menghampiri, justru Anda hanya terpaku dan terjebak dalam pandangan serta cara berpikir Anda sendiri. Alangkah baiknya Anda keluar dari sudut pandang Anda sekarang dan gunakan sudut pandang yang berbeda.

Cara seperti ini akan membuka hati & pikiran Anda dan memberi Anda pemikiran lain bahwa masalah tersebut tidaklah seberat yang Anda pikir.

Sebagai contoh, saat Anda sedang bertengkar dengan pasangan, pasti ada banyak ego yang muncul. Saat itu, masing-masing pihak bersikukuh dengan pemikiran mereka dan msemua akan merasa benar.

Dan sebaliknya akan ada saling menyalahkan dan seolah telah berada dalam kebenarannya sendiri. Itulah yang membuat pertengkaran kerap sulit di damaikan.

Saat hati dan pikiran sudah lebih tenang, lihatlah masalah dari sudut pandang orang lain atau bayangkan jika Anda menjadi dirinya yang Anda salahkan.

Dari sana Anda bisa menemukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu inilah yang harus Anda pahami agar Anda bisa menemukan solusi yang paling tepat.

5. Cara Mengatasi Masalah Hidup dengan Berpikir Positif

Cara Menghadapi Masalah

Anda akan kesulitan dalam menemukan cara mengatasi masalah hidup ketika pikiran Anda masih dipenuhi hal-hal negatif. Apalagi Anda selalu dipenuhi prasangka buruk, maka yang ada Anda hanya akan menemukan jalan yang gelap dan terbentur kesulitan.

Anda akan kesulitan menemukan jalan terang yang bisa mengarahkan Anda menemukan jalan solusi untuk keluar dari masalah yang ada.

Memang dalam banyak hal berpikir positif sering menjadi jalan yang harus di lalui, karena berpikir positif akan mengalirkan energi positif serta menarik kebaikan-kebaikan.

Jadi dalam kondisi dimana pikiran positif akan membuka berbagai jalan kemudahan termasuk mengalirnya ide dan terbukanya hati menerima masukan, saran dan nasehat yang baik. Sehingga Anda akan lebih mudah menemukan solusi.

Berpikir positif juga memberikan Anda kekuatan untuk mengendalikan keadaan bahkan mampu membalikan keadaan. Sehingga tidak mustahil Anda justru mampu membuat masalah yang datang menghampiri Anda menjadi berbagai peluang untuk kesuksesan Anda di kemudian hari.

Apalagi pikiranpositif juga mampu meningkatkan optimisme dan menambah motivasi, sehingga memudahkan Anda menemukan cara mengatasi maslah hidup dan mendapat solusi lebih baik.

6. Berdoa Dengan Keyakinan Penuh

Bukan rahasia lagi bahwa doa mampu membuka berbagai keajaiban dalam hidup. Doa mampu mengetuk pintu langit. Karena doa yang disertai keyakinan akan memberikan Anda harapan besar dalam menemukan cara mengatasi masalah hidup yang Anda alami.

Doa menjadi penting karena masalah apapun yang datang kepada kita pasti atas izin Allah, dan Allah pula yang memberikan kuasa kepada kita untuk keluar dari masalah.

Berkaitan dengan masalah hidup manusia, bahkan Allah berfirman dalam surah Al-Insyirah: 6-7: Fainnama’al ‘usri yusro… innama’al ‘usru yusro.

Yang artinya:
Sesungguhnya bersama dengan kesulitan, ada kemudahan. Bersama dengan kesulitan, ada kemudahan.

Dari ayat tersebut kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa Allah memberikan kita masalah atau kesulitan beserta solusinya. Kuncinya kita harus berusaha. Dan  salah satu caranya adalah dengan berdoa memohon kepada Allah agar Allah menunjukkan jalan kemudahan untuk keluar dari masalah hidup kita.

Bahkan berdoa itu sendiri merupakan Anjuran dari Allah, sebagaimana tertuang dalam Alquran surat Almu’min : 60, Allah berfirman: “Ud’uni astajib lakum ”.

Artinya:

“Berdoalah kepadaku, maka niscaya akan kukabulkan”. Disini Allah malah memerintah kepada untuk minta, minta, dan minta apa saja kepada Allah. Sehingga jika kita sedang berhadapan dengan masalah hidup maka selayaknya kita berdoa untuk meminta petunjuk agar bisa menemukan solusi yang baik.

7. Evaluasi Diri

Cara mengatasi masalah hidup dengan melakukan evaluasi diri tidak banyak dilakukan orang. Dan memang tidak mudah untuk dilakukan. Karena untuk melakukannya membutuhkan kesadaran diri yang tinggi.

Meski begitu hal ini harus dilakukan agar kita bisa melihat lebih dalam berbagai sebab dan alasan yang mengakibatkan masalah datang silih berganti menimpa diri kita. Dengan melakukan evaluasi diri kita akan menemukan banyak hal termasauk kelemahan dan kekutan diri. Sehingga kita bisa memahami potensi diri kita yang sesungguhnya.

Melakukan evaluasi diri juga akan membuat kita tidak mudah menyalahkan orang lain, apalagi menyalahkan Tuhan atas masalah yang kita alami. Dan dengan cara ini kita bisa belajar dari masalah dan mengambil pengalaman hidup berharga agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama untuk keduakalinya.

Sementara dari finansialku.com, menuliskan bahwa cara menghadapi masalah bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1 Refleksi Diri

tak jauh beda dengan cara menghadapi masalah yang dilansir dari tips pengembangan diri, Jika Anda mengalami masalah atau konflik dengan orang lain, cobalah untuk merefleksi diri sendiri. Apakah ada sesuatu yang salah dengan diri Anda dan harus Anda perbaiki sehingga membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan Anda dan menyebabkan konflik.

Walaupun tak selamanya Anda yang berada pada posisi “bersalah”, atau bisa dibilang sebagai korban, apakah Anda tetap berpikir untuk mencari jalan damai dengan orang yang sedang berkonflik dengan Anda?

Mempertahankan diri pada posisi benar dan menunjukkan kesalahan orang lain, bisa jadi keputusan yang membuat hubungan Anda tidak berjalan mulus dengan orang tersebut di kemudian hari.

Usahakan untuk tidak menyudutkan orang lain yang berkonflik dengan Anda, apalagi jika memang sudah jelas dia yang bersalah.

Orang yang mengakui kesalahannya sendiri adalah mereka yang benar-benar menyadari kesalahannya, bukan karena ia merasa “terpojok” dan memaksa dia mengakui sesuatu yang sebenarnya ia tidak ingin akui.

2 Ambil Waktu Berpikir Jernih

Ketika sedang menghadapi masalah, otak kita bekerja menjadi tidak beraturan dan tak jarang bisa membuat orang menjadi lepas kendali. Anda tentu pernah mendengar seseorang berkata, “Saya sedang khilaf”, sesaat setelah melakukan sesuatu di luar kendali ketika emosi sedang meluap. Anda tentu tidak ingin keadaan semakin runyam bukan? Tidak hanya bagi Anda yang gampang lose control, tetapi bagi mereka yang suka memendam masalah juga perlu untuk digarisbawahi.

Jangan anggap remeh ketika seseorang sedang dalam keadaan emosi, bahkan seorang yang dinilai baik selama bertahun-tahun dalam hidupnya, ternyata ia mengalami stres berkepanjangan karena menyimpan masalahnya dan mampu melakukan pembunuhan secara massal.

Emosi yang tak terkendali mampu mempengaruhi pikiran Anda. Jangan biarkan emosi mengendalikan pikiran dan kuasa Anda untuk melakukan hal yang baik dan positif. Ambil waktu untuk menenangkan diri dan cobalah untuk mengampuni orang lain dan diri sendiri agar pikiran semakin jernih dan masalah dapat terkendali.

3 Bicarakan Secara Kekeluargaan

Anda sudah tenang dalam proses mengampuni orang yang berkonflik dengan Anda? Tiba saatnya, Anda harus menyelesaikannya secara kekeluargaan. Mengampuni tidak hanya di bibir saja, tetapi dari perbuatan dan mau mengambil keberanian untuk berbicara dengannya. Ingat, tujuan Anda adalah untuk menyelesaikan masalah, bukan lari dari masalah dengan hanya mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda sudah mengampuni, namun diam seribu bahasa ketika berhadapan dengan orang tersebut?

Mungkin Anda berpikir, “saya sudah melupakan masalah itu dan tidak mau mengungkitnya.” Namun masih ada perasaan mengganjal dalam hati Anda ketika Anda melihat muka atau setidaknya mendengar nama orang tersebut di telinga Anda. Jika hal itu terjadi, artinya masalah tersebut belum selesai, dan Anda harus bertemu dengan orang tersebut untuk menyelesaikannya dengan pikiran yang tenang secara kekeluargaan.

4 Ambil Inisiatif Positif

Cara Menghadapi Masalah

Tak selamanya niat baik seseorang ditanggapi dengan baik oleh orang lain. Berharap itu sangat baik, tapi memiliki ekspektasi agar orang lain berpikir dan melakukan yang sama dengan pikiran kita, itu sama saja seperti seorang yang naif. Jika orang tersebut tidak memiliki inisiatif yang baik untuk menyelesaikan masalah, tak perlu khawatir dengan hal itu.

Yang terpenting, Anda sudah mengambil inisiatif yang baik dan positif dengan mengampuninya, mengampuni diri sendiri dan juga mau bertemu secara kekeluargaan menyelesaikan masalah tersebut. Pada titik ini, masalah pada diri Anda sudah berakhir. Jika orang tersebut masih mempermasalahkannya, itu sebenarnya adalah masalahnya sendiri, bukan pada diri Anda. Tetap berpikir positif dan masukkan dalam diari pengalaman Anda jika menghadapi konflik yang sama atau serupa.

5 Lihat Peluang di Balik Sebuah Ketidakberuntungan

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik atau masalah.

“Bukan kesenangan melainkan masalah yang membawa seseorang menaiki tangga kesuksesannya” – Anonim

Pengalaman memberikan pembelajaran akan setiap kemungkinan yang bisa terjadi. Akan selalu ada peluang dari setiap ketidakberuntungan. Konflik yang Anda alami pasti ada hikmah yang bisa dipelajari. Jangan lupakan setiap diari masalah Anda. Suatu hari Anda akan memerlukannya, atau setidaknya orang lain di sekitar Anda yang memerlukan saran Anda, seperti pengalaman yang pernah Anda alami dalam menghadapi konflik.

*******

Tidak mudah menemukan cara menghadapi masalah dalam hidup yang senantiasa datang silih berganti kepada kita. Ketika masalah satu telah selesai dan berlalu, pasti akan datang masalah baru yang bisa jadi secara level lebih sulit dari masalah kita sebelumnya. Atau bisa jadi masalah yang sama pun bisa datang lagi dengan wajah yang berbeda. Karena itu kita harus memiliki kekuatan untuk bisa menghadapi setiap masalah dan mengatasinya dengan baik.

Bagi siapapun yang ingin menemukan cara menghadapi masalah dengan cepat dan mudah, bila sudah mempraktekkan berbagai cara seperti di atas diatas, atau bahkan sudah melakukan berbagai strategi yang lain, namun masalah sulit diatasi, Anda bisa mencari bantuan kepada orang yang terpercaya. Untuk itu Anda bisa melakukan konsultasi dengan konsultan yang tepat atau mengikuti program pelatihan yang bermanfaat untuk menghadapi masalah yang datang dan bahkan mengatasi masalah hidup Anda.

Bila Anda sedang mengalami masalah dan ingin menemukan cara menghadapi masalah seperti masalah usaha, karir, bisnis, kesehatan, penyakit, masalah reseki bahkan masalah mental, spiritual dan berbagai masalah hidup lainnya. Anda bisa berkonsultasi kepada konsultan solusi bp. Syaiful M. Magsri. Atau mengikuti Pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center. Baik melalui pelatihan Zona Kaya, GIM, Quantum, MPh, atau pelatihan lainnya. Dari program pelatihan Anda akan mendapatkan berbagai strategi dan solusi untuk mewujudkan harapan keinginan hidup dan menemukan cara menghadapi masalah dan menemukan solusi masalah hidup dengan cepat dan tepat.

*******

Segera Datang dan Konsultasikan Masalah Anda bersama Bapak HM Syaiful M. Maghsri. Untuk memastikan Anda akan bisa langsung konsultasi dengan Bapak Syaiful Maghsri. Kami akan jadwalkan dan atur waktunya, silahkan hubungi kami melalui HP/WA: 0853 2727 1999 (Ibu Eny)  0878 390 387 (ibu Efi) 0818 278 880 (Bp. Agus) atau (0274) 412446 (Office).


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :