Cara Efektif Memajukan Bisnis Anda

Seorang pengusaha bisa dikatakan sukses apabila mereka tidak hanya berhasil merintis sebuah usaha, namun juga berhasil memajukan bisnisnya di tengah gempuran pasar yang semakin hari semakin padat.

Ramainya persaingan pasar dan munculnya beragam jenis peluang usaha, menuntut para pengusaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi bisnis. Hal ini sangatlah penting, mengingat belakangan ini banyak para pemula yang berhasil merintis usaha namun belum tentu berhasil mempertahankan kerajaan bisnisnya.

Karena itu, untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan 4 cara efektif memajukan bisnis yang bisa dipraktekan para pemula.

Pertama, terus berinovasi mengembangkan produk unggulan. Sebagai seorang pelaku usaha, pastikan diri Anda tidak pernah lelah untuk selalu berkreasi dan berimajinasi menciptakan sebuah inovasi baru. Baik itu menawarkan sebuah produk baru maupun memberikan nilai tambah pada produk lama, sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak pernah ditinggalkan para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan Unilever yang memproduksi berbagai macam keperluan masyarakat sehari-hari seperti misalnya sabun, deterjen, margarin, minyak sayur, makanan dan minuman, produk kosmetik, serta produk rumah tangga lainnya yang sekarang ini merek dagangnya cukup mendominasi pasar nasional maupun pasar internasional. Sebut saja seperti deterjen Rinso dan Surf, sampho Sunsilk, Dove, dan Clear, minuman Buavita, snack ringan seperti Taro,  sabun mandi seperti Lux dan Lifebouy, pasta gigi seperti Pepsodent dan Close Up, serta masih banyak lagi inovasi produk lainnya yang sengaja diciptakan pihak Unilever untuk memanjakan para konsumennya.

Kedua, melakukan eksplorasi pasar. Selain mengembangkan inovasi produk, strategi lain yang bisa Anda gunakan yaitu mengeksplorasi pasar dengan mengoptimalkan produk yang sudah strategi bisnis 200x135 Cara Efektif Memajukan Bisnis Andaada. Dalam hal ini Anda bisa menarik banyak pelanggan dengan membidik pasar baru, atau bisa juga melalukan reposisi brand untuk menarik minat para konsumen. Strategi bisnis seperti ini pernah dilakukan produk shampo Pantene yang dengan sengaja menurunkan harga jualnya serta menciptakan varian aroma baru untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar, dimana para kompetitor lain mulai menawarkan produk shampo dengan kualitas sebanding namun dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Ketiga, hadapi persaingan dan jadilah penyerang. Karakter pemberani tentunya wajib Anda miliki dalam menjalankan sebuah usaha. Tidak hanya diri Anda saja yang dituntut selalu berani, namun perusahaan yang Anda pimpin juga harus berani menghadapi persaingan pasar dan menjadi penyerang bagi para kompetitor lainnya. Strategi ini bisa Anda jalankan dengan menyelenggarakan kegiatan promosi besar-besaran, misalnya saja dengan mengadakan kupon berhadiah bagi para konsumen Anda, menekan harga serendah-rendahnya untuk menjangkau semua kalangan, atau bisa juga menawarkan program menarik lainnya seperti beli 3 gratis 1 untuk membangun loyalitas pelanggan Anda.

Keempat, lebarkan sayap bisnis Anda dengan melakukan diversifikasi. Ketika kerajaan bisnis Anda mulai berdiri dengan kokoh, tidak ada salahnya bila Anda memperluas kejayaan bisnis tersebut dengan membangun lini baru yang bisa mengurangi resiko kerugian bisnis Anda dan meningkatkan aset kekayaan yang telah dimiliki. Contohnya saja seperti kesuksesan Chairul Tanjung yang berhasil mengembangkan Para Group menjadi beberapa lini usaha yang cukup kuat, sebut saja seperti Bank Mega, Trans TV, Trans7, serta sebuah wahana hiburan yang cukup fenomenal di Indonesia yakni Trans Studio yang sekarang ini telah berdiri di kota Makassar dan juga Bandung.

Dengan menerapkan beberapa tips bisnis yang telah kita bahas bersama, diharapkan para pemula bisa mempertahankan bisnisnya di tengah gempuran pasar yang semakin pesat dan berhasil meraih puncak kesuksesan seperti apa yang mereka impikan. Semoga informasi cara efektif memajukan bisnis anda, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan memotivasi seluruh masyarakat di Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Bagikan :