Home » Artikel » Artikel Solusi » Artikel Bioenergi » Wajib Dicoba! 7 Cara Lulus Cepat Buat Kamu Mahasiswa Semester Akhir

Wajib Dicoba! 7 Cara Lulus Cepat Buat Kamu Mahasiswa Semester Akhir

Cara Lulus Cepat

BAGIKAN :

Bagaimana sih cara lulus cepat untuk mahasiswa semester akhir? Euforia saat hari wisuda pasti menjadi sesuatu yang kamu tunggu-tunggu apalagi setelah berjuang mati-matian mengerjakan skripsi. Harapan yang kita inginkan bisa lulus cepat tanpa hambatan, namun realita yang didapat justru tak sama. Lika-liku menjadi mahasiswa, menyelesaikan skripsi, bertemu dosen harus kamu lalui agar bisa lulus. Banyak hal yang menjadi penyebab kamu nggak kunjung lulus juga, coba kamu telusuri pelan-pelan, bisa jadi ini karena dirimu sendiri yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, malas ke kampus, jumlah SKS yang masih kurang, atau faktor lainnya. Coba deh, mulai mengoreksi diri sendiri, singkirkan penyebab itu semua dan mulailah fokus untuk mengerjakan skripsimu agar bisa segera lulus. Di bawah ini ada 7 cara lulus cepat yang bisa membantumu meskipun hampir di DO, yuk disimak!

  1. Laksanakan kewajiban sebagai mahasiswa

Kewajibanmu sebagai mahasiswa di mana pun kuliahnya akan selalu sama yaitu belajar dan belajar sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Sesuatu yang terduga dikelas bisa terjadi, termasuk adanya kuis dadakan, tugas mendadak dan presentasi. Itulah mengapa kamu harus belajar setiap saat. Ingat-ingat juga jadwal kuliahmu, jangan sampai salah masuk kelas dan salah jam belajar. Ketika dosen memberikanmu tugas, baik individu atau kelompok pastikan kamu mengerjakannya dengan baik dan sungguh-sungguh. Dengan demikian perjalananmu untuk kuliah pasti akan berjalan mulus dan lancar. Jadi, bukan tidak mungkin kan kalau kamu bisa lulus cepat.

Baca Juga :Kunci Sukses Sebenarnya Adalah Dirimu Sendiri! Yakinlah!

  1. Maksimalkan jumlah SKS

Menyoal jumlah SKS kamu harus hati-hati. Jangan sampai jumlah SKSmu tidak mencukupi untuk bisa lulus nantinya. Sebagai informasi, dibeberapa kampus jumlah SKS menjadi salah satu syarat kelulusan. Setiap SKS untuk masing-masing mata kuliah juga berbeda karena ada mata kuliah yang bersifat wajib dan pilian. Ternyata jumlah SKS yang kamu ambil sangat berpengaruh dengan IPKmu nanti. IPK yang besar nantinya akan membantumu untuk mengambil SKS lebih banyak di semester depan. Selama kamu siap dan mampu menyelesaikannya, ya kenapa nggak? Jangan sekali-kali kamu meremehkan jumlah SKS, akibatnya bisa fatal dan memperlambat waktu masa studi yang kamu miliki lho.

  1. Jangan absen terlalu sering

Kalau kamu ingin lulus cepat, pastikan juga kalau kamu mahasiswa yang tidak terlalu sering absen. Yang harus kamu tahu nih, nilai terbanyak yang berkontribusi pada IPK yaitu nilai UTS dan UAS, sementara syarat agar kamu bisa mengikuti UTS dan UAS jumlah presentase kehadiran minimal 75%. Kalau kehadiranmu dibawah 75%, kabar buruknya kamu nggak bisa mengikuti ujian semester, akhirnya kamu mendapatkan nilai D atau mungkin E. Yuk kuliah yang lebih giat dan rajin supaya kamu nggak menemukan daftar nilai D dan E di lembar transkrip nilai nantinya!

  1. Jalin relasi dengan senior, dosen dan alumni

Tidak ada salahnya lho menjalin relasi dengan senior, dosenmu dan alumni kampus. Dengan menjalin relasi dan berhubungan baik dengan mereka bukan tidak mungkin mereka juga akan membantumu menyelesaikan skripsi dan tugas akhir. Mintalah saran, tips dan trik mengerjakan skripsi supaya cepat kelar. Jejaringmu yang luas tidak hanya membantu saat ini tetapi bisa membantu kamu kedepannya setelah lulus kuliah, dari mereka kamu bisa mendapatkan lowongan pekerjaan dan yang lainnya. Jangan menyia-nyiakan kesempatanmu selama kuliah, apalagi hanya jadi mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah-pulang, kuliah-pulang), semakin banyak relasi yang jalin, rawat dan bina sejak di bangku kuliah akan memberikan ksempatan baik untuk masa depanmu. Percaya deh!

cara lulus cepat

  1. Ikuti semester pendek adalah cara lulus cepat

Mengikuti semeter pendek adalah cara lulus cepat yang layak kamu coba. Buat kamu yang memiliki nilai anjlok dibeberapa mata kuliah, nggak ada salahnya kamu mengikuti semester pendek untuk memperbaiki nilai tersebut. Sering-sering nyari info kapan pelaksananya biar kamu nggak kalang kabut mempersiapkan semester pendek, karena biasanya dilaksanakan dimomen-momen liburan.  Memperbaiki nilai yang anjlok juga bisa mendongkrak IPKmu nantinya sehingga kamu bisa mengambil lebih banyak mata kuliah di semester depan. Sebagai informasi lagi nih, semester pendek ini nggak setiap saat ada, jadi mau nggak mau kamu harus mengulang mata kuliahmu yang nilainya E di semester depan. Nggak papa, jangan menyerah kamu harus tetap bersemangat menyelesaikan kuliahmu ya!

  1. Atur jadwal bimbinganmu

Karena pekerjaan dosenmu nggak cuma mengajar, ada yang keluar kota, melanjutkan studi, jadi kamu harus sabar nunggu dosenmu meluangkan waktu. Meski demikian aturlah jadwal bimbingan skripsi dengan dosenmu diwaktu yang pas. Jangan sampai mengganggu jadwal pekerjaan dan acara yang lain. Semakin sering bertemu dosen untuk berdiskusi tentang skripsimu makan pengerjaannya pun akan lebih cepat selesai.

  1. Buat planning dan action adalah cara lulus cepat

Nggak Cuma step by step yang harus dilakukan, penyusunan planning dan target juga lebih baik dibuat. Tujuannya supaya kamu tahu kapan harus menyusun proposal, diselesaikan kapan, jadwal bimbingam kapan dan bisa menyesuaikan dengan jadwal yudisium dan wisuda yang kamu inginkan. Jangan lupa juga action, selalu berusaha dan berdoa, minta doa restu orang tuamu agar dimudahkan dalam proses pengerjaan.

********

Buat niatmu nggak luntur dan kerjakan skripsimu sebaik mungkin. Kamu tidak boleh menyerah dengan kata revisi dari dosenmu. Bahayanya jika kamu takut dengan banyak revisi, yang ada malah skripsimu nggak selesai-selesai. Kamu harus rajin, konsisten agar semangatmu tak terputus-putus, maka disaat itulah dosenmu melihat kegigihan dan kerja kerasmu. Dari sinilah kata lulus semakin dekat untukmu.

*******

Permasalahan skripsi ini tentunya bisa mengganggu proses berkehidupanmu dan menurunkan kualitas hidup. Untuk meningkatkan kualitas hidupmu kamu bisa memanfaatkan ilmu Bionergi. Bionergi Adjustment sebagai salah satu ilmu Bionergi yang berfokus pada penyesuaian energi. Dijabarkan bahwa Bionergi Adjustment ini adalah suatu proses penyesuaian energi yang akan membersihkan, menyeimbangkan dan menyatukan energi seseorang. Dengan Bionergi Adjustmen mampu membantu kita untuk mendapatkan energi baik yang positif dengan hasil yang lebih optimal guna meningkatkan kualitas hidup. Tunggu apalagi? Yuk rasakan manfaatnya sekarang.

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *