Home » Artikel » Artikel Umum » Mengatasi masalah » Cara Tepat Mengatasi Masalah Keluarga

Cara Tepat Mengatasi Masalah Keluarga

Mengatasi Masalah Keluarga

BAGIKAN :

Keluarga adalah tempat berkumpulnya semua anggota keluarga sekaligus wadah untuk mengungkapkan kasih sayang dan berbagai ekspresi kehidupan. Namun adakalanya dalam keluarga juga terdapat masalah karena adanya perbedaan kepentingan, perbedaan pendapat atau berseberangan dalam pemikiran. Masalah dalam keluarga bisa terjadi antar pasangan, antara orang tua dan anak, atau antara mertua dan menantu, bahkan anak dengan anak. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bahkan bisa mengganggu keharmonisan. Untuk itu dalam mengatasi masalah keluarga harus menggunakan cara yang tepat, melibatkan berbagai sisi dan dengan metode yang tepat juga.

Harus diakui, komunikasi merupakan salah satu cara menciptakan terjalinnya keluarga yang harmonis. Namun jika terjadi masalah, sikap kita atau pasangan kita seringkali membuat komunikasi tidak berjalan dengan baik. Dalam hal ini kesalahan bukan terletak pada komunikasi itu sendiri, melainkan cara kita melakukan komunikasi. Meskipun begitu, tidak ada alasan untuk menghentikan komunikasi karna masalah harus segera diatasi. Agar komunikasi bisa berjalan baik tanpa diakhiri dengan pertengkaran, ada baiknya Anda ikuti cara tepat mengatasi masalah keluarga berikut ini:

  1. Waktu Bicara yang Tepat

Cobalah menghindari membicarakan masalah disaat situasi berpotensi menimbulkan kemarahan. Misalnya saat suami pulang kantor dalam kondisi lelah, karena itu akan membuatnya mudah terbawa emosi. Bicarakan masalah saat suasana santai dan pada saat hati suami dalam keadaan menyenangkan. Masalah akan semakin buruk jika dibicarakan pada waktu yang tidak tepat.

Meskipun awalnya ingin membicarakan masalah dengan baik-baik, kadang Anda dan suami masih sempat terpancing emosi. Kalu sudah begitu nada bicara pasti akan meninggi. Dalam kondisi seperti itu sebaiknya Anda diam dan menunggu suasana kondusif. Jangan menuruti emosi atau terpancing dengan apa yang diucapkan suami.

Apabila masalah tidak dapat diatasi saat itu juga, katakan pada suami bahwa masalah akan diselesaikan lain waktu. Saat Anda meminta membicarakan masalah lain waktu, jangan mengucapkan dengan nada tinggi. Apalagi sampai mengucapkan dengan kalimat merendahkan seperti “Percuma ngomong sama kamu!” atau, “Nggak usah dibahas lagi, capek aku!”. Jangan lupa, Anda harus menepati janji untuk membicarakan masalah yang sempat tertunda agar suami menaruh rasa percaya pada Anda.

  1. Bicarakan Masalah dengan Jujur

mengatasi masalah keluarga

Suami Anda hanyalah manusia biasa yang tidak bisa membaca situasi hati Anda. Jadi jangan beranggapan suami mengetahui apa yang mengganjal di hati Anda. Lebih baik membicarakan masalah dengan jujur daripada mendiamkan suami Anda. Dengan begitu suami dapat mengetahui apa yang mengganggu hati Anda. Sekali lagi bicarakan masalah baik-baik, jangan pakai emosi. Untuk menghindari masalah agar tidak semakin meruncing, jangan mengungkit-ungkit kesalahan suami yang Anda anggap sebagai sumber masalah keluarga.

  1. Mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik merupakan faktor yang tak kalah penting dari komunikasi. Saat suami sedang berbicara, mungkin dia berpikir Anda bukan pendengar yang baik. Kemungkinan suami beranggapan bahwa Anda sudah mengetahui apa yang akan ia bicarakan. Sebagai seorang istri, Anda harus menghindari perasaan bahwa Anda telah mengetahui apa yang dipikirkan suami. Coba Anda pikirkan jika keadaan berbalik dan Anda ada diposisinya. Pasti Anda juga ingin apa yang Anda katakan, didengarkan oleh suami Anda.

Saat suami sedang berbicara, jangan sampai Anda menyela sebelum dia selesai berbicara. Jangan menunjukkan sikap yang tidak serius dalam mendengarkan pembicaraan suami. Contohnya Anda mendengarkan tapi sambil menonton TV. Hal ini akan membuat suami tersinggung karena merasa diremehkan. Selanjutnya, coba ungkapkan pendapat Anda tentang apa yang telah dibicarakan suami. Tanyakan padanya apakah pendapat Anda tersebut sudah sesuai dengan apa yang dimaksud oleh suami. Jika ada yang tidak sesuai, mintalah pada suami untuk mengoreksinya. Dengan begitu kesalahpahaman antara Anda dan suami bisa dihindari.

  1. Memandang Masalah Dengan Obyektif

Tidak jarang ketika ada masalah dalam keluarga, menimbulkan perpecahan. Ada yang tidak sependapat dengan salah satu kemudian memihak kepada yang lainnya. Sehingga ada pembelaan-pembelaan kepada salah satu pihak dan bisa jadi tidak obyektif kepada salah satu anggota keluarga yang terlibat masalah. Jika ini yang terjadi masalah akan semakin rumit, dan bisa menimbulkan masalah baru lainnya.

Dalam hal ini perlu seseorang yang bisjak sana yang bisa menengahi konflik sehingga bisa mengatasi masalah yang terjadi. Namun jika Anda tidak menemukan seorang yang tepat yang cukukup bisa memandang masalah dengan objektif, ANda bisa konsultasikan masalah Anda dengan konsultan runkeluarga atau konsultan rumah tangga yang tepat.

  1. Mengatasi Masalah Keluarga dengan Mencari Win-Win Soloutions

mengatasi masalah keluarga

setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Hanay saja terkadang ada yang enggan untuk mencari solusi bahkan sibuk beralasan mencari pembenaran atas apa yang dilakukan dan apa yang tidak dilakukan. Jika setiap masalah hanya di abaikan dan tidak segera dicarikan solusinya masalah hanya akan terus berlarut, namun ketika mencari solusi juga harus memberi solusi ke semua pihak (win-win solution). Sehingga tidak menimbulkan konflik baru dan menemukan titik temu yang baik dalam mengatasi masalah.

Setiap cara yang dilakukan dalammengatasimasalah keluarga sebaiknya juga mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan bersama seluruh anggota keluarga. Apalagi apabila menyangkut masalah anak dan masala depan mereka. Dengan win-win solution keputusan atau cara yang digunakan dalam mengatasi masalah keluarga akan lebih memberikan keadilan bagi semuanya.

*******

Apabila berbagai cara diatas sudah Anda lakukan namun Anda belum bisa mengatasi masalah keluarga yang Anda alami, bahkan masalah semakin rumit dan bertambah. Jangan tunggu sampai masalah menjadi semakin kronis kronis. Konsultasikan masalah keluarga atau rumah tangga Anda kepada ahlinya dan dapatkan solusinya di Bioenergi Center Yogyakarta. Di Bioenergi Center Anda akan mendapatkan solusi masalah rumah tangga, usaha, karir, bisnis dan berbagai masalah hidup lainnya melai program pelatihan atau prdoduk solusi dari Bioenergi Center.

Untuk  Program pelatihan Anda bisa mengikuti program pelatihan Zona Kaya, GIM, Quantum, MPH dan pelatihan lainnya. Sementara untuk produk solusi yang praktis dan efektif Anda bisa memanfaatkan Kapsul Bioenergi. Untuk mendapatkan produk atau mengikuti pelatihan sebelumnya Anda bisa konsultasi terlebih dahulu kepada CS Bioenergi Center sehingga Anda mendapat informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *