Home » Artikel » Artikel Umum » Resolusi Hidup Tahun 2021: Panduan Mencapai Tujuan Hidup Anda Tahun Ini!

Resolusi Hidup Tahun 2021: Panduan Mencapai Tujuan Hidup Anda Tahun Ini!

  • by
Resolusi Hidup Tahun 2021

BAGIKAN :

Tahun Baru telah datang… Saatnya Anda membuat Resolusi Hidup Tahun 2021 sebagai sarana mewujudkan harapan. Kesuksesan hidup Anda berikutnya di mulai dari hari ini! Apa yang sudah Anda persiapkan untuk menyambutnya?

Sudahkan Anda memiliki resolusi-resolusi yang ingin Anda wujudkan di tahun ini, dan bagaimana cara Anda mencapainya?

Banyak orang menganggap Resolusi Tahun Baru adalah untuk amatir. Tetapi hal itu tidak sepenuhnya tepat.

Kecuali apabila resolusi yang Anda tetapkan sudah menjadi pola lama, maka hanya akan menjadi sesuatu yang biasa dan mungkin juga apabila apa yang Anda targetkan sudah biasa tidak tercapai, maka tidak memberi pengaruh yang berarti.

Sehingga akhirnya resolusi hanya akan tinggal resolusi dan memang bukan sesuatu yang luar biasa.

Resolusi hidup tahun 2021 harus Anda buat berbeda, agar tidak sekedar hanya resolusi. Untuk menjadikannya luar biasa Anda harus tambahkan komitmen-komitmen besar yang Anda taati, dan bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk menjalani hari-hari Anda berikutnya.

Artinya, jika Anda menginginkan perubahan yang berarti dan bertahan lama dalam hidup Anda, bisa benar-benar mensuport Anda, maka Anda membutuhkan sebuah sistem — panduan untuk mewujudkan tujuan dari resolusi hidup yang Anda buat.

Resolusi Hidup Tahun 2021 seperti apa yang ada disini?

Resolusi Hidup Tahun 2021

Resolusi hidup Tahun 2021 yang ada disini merupakan  panduan komprehensif untuk menginstal sistem hidup baru di tahun baru Anda. Yaitu sistem yang bisa dijadikan sebagai cara yang akan membantu Anda mendapatkan pencapaian besar dalam hidup Anda.

Serta mewujudkan harapan dan mencapai kebahagiaan di tahun-tahun Anda — tidak hanya di tahun 2021, tetapi selama sisa hidup Anda. Anda Mau?

Inilah peta resolusi hidup tahun 2021 untuk Anda – jalan untuk mencapai tujuan Anda :

  • Menciptakan visi yang ideal untuk hidup Anda yang memotivasi Anda dalam meraih tujuan hidup.
  • Menentukan apa yang ingin dicapai oleh batin Anda tahun ini.
  • Bagaimana menetapkan tujuan yang memotivasi dan dapat dicapai.
  • Menjalankan item tindakan dengan menggunakan cara yang andal yang akan membantu Anda membuat kemajuan yang konsisten dan nyata.
  • Mendapatkan metode untuk tetap berada di jalurnya, Agar sebagian besar resolusi tidak terhenti atau gagal, tetapi bisa berjalan hingga akhir tahun.

Sebagai Penegasan: Panduan Resolusi Hidup Tahun 2021 ini bukan untuk orang yang suka bereksperimen. Karena ini membutuhkan komitmen, kesungguhan, konsitensi dan membutuhkan perubahan gaya hidup dan pola pikir.

Tetapi jika Anda menerapkan panduan ini ke dalam praktik nyata, Anda akan melihat hasil pada tingkat yang belum pernah Anda capai sebelumnya.

Selama Anda menerapkannya secara konsisten sepanjang tahun, Anda akan melihat hasilnya, tidak peduli seberapa “antusias” Anda ingin mendapatkannya.

Anda berada di tempat yang tepat.

Mengapa Resolusi Tahun Baru sering Gagal di Awal?

“Ketika Anda merasa tidak produktif, itu tidak selalu karena Anda malas atau karena Anda memiliki kebiasaan buruk, itu karena Anda tidak mengerjakan hal yang tepat dan Anda belum menemukan hal yang secara intrinsik memotivasi dan berarti bagi Anda. ” 

Anda tidak ingin resolusi hidup tahun 2021 Anda gagal bukan?Sebagian besar resolusi hidup dan tujuan hidup gagal diraih karena resolusi itu jalan tanpa perencanaan yang matang, karena ketidaktahuan pada apa yang diinginkan dalam hidup, dan Anda tidak memiliki tujuan yang jelas.

Statistik resolusi menyatakan bahwa hanya antara 12% dan  39%  pembuat resolusi yang berhasil. Dan tingkat keberhasilan menurun seiring bertambahnya usia.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Kebanyakan dari kiti hanya membuat  satu  resolusi yang mengubah hidup. Anda punya  satu  pekerjaan! Dan  menghabiskan waktu sepanjang tahun  untuk mencapainya. Tapi kebanyakan orang berhenti ketika tersandung masalah sehingga membuatnya sulit untuk konsisten melakan tindakan resolutif tersebut.

Resolusi gagal karena empat alasan utama:

  1. Ressolusi yang Anda buat terlalu besar
  2. Resolusi yang di buat kurang spesifik / terlalu kabur
  3. Anda dimotivasi bukan oleh keinginan sejati Anda sendiri
  4. Anda menginginkan perubahan sekarang, kenyataannya sebuah perubaghan berproses dan tidak instan.

Jika Anda masih memiliki ke-empat masalah diatas, Anda sangat mungkin untuk mendapatkan kegagalan di tengah jalan.

Agar resolusi yang Anda tetapkan bisa terus berjalan dan berproses sampai tujuan besar Anda tercapai maka buatlah resolusi yang ideal, yang spesifik, benar-benar meruapakan keinginan terdalam dari diri Anda, bukan karena terpengaruh orang lain atau lingkungan, dan Anda memahahi prosesnya.

Mengapa Resolusi Hidup di tahun Baru Penting Bagi Anda?

Resolusi Hidup Tahun 2021

Jawabannya adalah karena resolusi hidup bisa menjadi peta arak jalan Anda sekaligus memberi Anda petunjuk untuk mengambil tindakan (yang telah Anda pilih dengan cermat), menjalankan dengan konsisten apa yang sudah Anda mulai sebelumnya, dan dapat Anda kontrol tolok ukur pencapaiannya.

Langkah Apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat resolusi hidup di tahun baru ini?

Sebagai panduannnya… pahami hal penting berikut ini!

Langkah 1: Ciptakan Visi Hidup Anda

Jika Anda memiliki visi yang sangat jelas tentang ke mana Anda ingin melangkah dan mencapai tujuan hidup Ana, maka hal lainnya jauh akan lebih mudah. Visi adalah penentu penting dari kesuksesan.

Apa Itu Visi?

Secara harfiah, visi adalah gambaran pikiran tentang apa yang Anda inginkan. Ketika Anda dapat melihat hasil pemikiran Anda dengan jelas, otak Anda menjadi jauh lebih efektif dalam mewujudkannya. Ini fenomena yang aneh, tapi akan berhasil menerjemahkan keinginan terdalam Anda dan pemikiran besar Anda.

Setelah Anda mengetahui apa itu visi, maka segera ciptakan Visi Hidup Anda!

Bukan masalah besar atau kecilnya, atur saja arah hidup Anda sekarang juga.  Visi hidup adalah entitas yang hidup dan tumbuh, draf kasar abadi yang tidak akan pernah terasa “sempurna” dalam waktu lama karena kita berkembang.

Luangkan hanya 10 menit sekarang untuk menulis pernyataan tentang apa yang menurut Anda mungkin Anda wujudkan dan merupakan sesuatu yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup Anda. Untuk menciptakan visi hidup, Anda bisa memulainya dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang saya suka, Apa yang saya benci?
  • Apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya?
  • Apa yang saya kuasai? Apa, ketika saya melakukannya, yang membuat waktu menghilang?
  • Bagaimana saya bisa melayani dunia?

Ubah jawaban Anda menjadi pernyataan singkat satu paragraf tentang visi hidup Anda. Misalnya:  “Saya menggunakan bakat kewirausahaan dan menulis saya untuk merancang dan membangun perusahaan yang menciptakan dunia yang lebih baik, membantu orang lain menyadari potensi tertinggi mereka, menghasilkan kekayaan dan kelimpahan yang luar biasa dalam prosesnya.

Langkah 2: Buat Perencanaan untuk Satu Tahun Kedepan

Mengalami tahun terbaik dalam hidup Anda tidak akan terjadi secara tidak sengaja.

Perusahaan yang sukses meluangkan waktu untuk membuat rencana bisnis, dan yang berkinerja terbaik meluangkan waktu untuk menetapkan arah bagi kehidupan mereka.

Bagian ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memutuskan apa yang benar-benar ingin Anda capai tahun ini, bagaimana menetapkan tujuan dan item tindakan untuk mendukung tujuan tersebut, bagaimana menginstal sistem hidup baru, dan mengukur kemajuan Anda agar tetap termotivasi dan di jalur sepanjang waktu.

Untuk Itu Anda bisa melakukan cara-cara berikut:

♦ Siapkan Ruang

Ruang yang dimaksud disini adalah meluangkan waktu dan kesempatan untuk melakukan introspeksi diri, menyiapkan hati dan pikiran untuk di tata ulang. Kemudian membuat perencanaan hidup dengan membuat target-target pencapaian per aspek hidup yang Anda inginkan.

Anda bisa melakukannya dengan cara meninjau tahun sebelumnya, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

# Apa tujuan saya?

Apakah saya mencapainya atau membuat kemajuan? Mungkin Anda tidak menetapkan tujuan eksplisit untuk diri Anda sendiri tahun lalu. Mungkin Anda hanya membuat resolusi biasa.

Tidak apa-apa — lakukan latihan ini dan tahun depan Anda akan memiliki tolok ukur baru untuk dikembangkan. Bahkan jika Anda tidak menuliskan tujuan apa pun, Anda pasti sedang mengerjakan beberapa hal.

# Apa yang berhasil dengan baik?

Tuliskan pencapaian yang Anda peroleh, baik yang memiliki nilai nominal maupun yang memiliki nilai kepuasan dalan hati Anda.

Saat Anda mengidentifikasi apa yang berhasil, Anda akan mendapatkan tambahan energi untuk melipatgandakan tindakan Anda dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih mengagumkan.

# Apa yang bisa ditingkatkan?

Cara ini melatih Anda menghadapi kenyataan,meski itu seringkali merupakan sesuatu yang tidak nyaman.

Namun bagian yang tidak nyaman, adalah langkah awal untuk menciptakan yang lebih baik.

# Bagaimana perasaan saya   tentang tahun lalu?

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan menulis dalam aliran kesadaran — tanpa pemikiran berlebihan, tanpa sensor — memiliki keberanian untuk jujur ​​pada diri sendiri secara bebas.

Semua itu terarah untuk menjawab pertanyaan:  Apakah saya sudah terpenuhi?

Itulah alasan utama mengapa Anda harus menetapkan tujuan dan mengejar pencapaian.

# Apa saja yang saya capai?

Bagian ini adalah alasan untuk menghabiskan beberapa saat dalam perayaan murni kegembiraan. Di sini Anda bisa membuat semua daftar penting mengenai hal-hal yang menakjubkan yang Anda lakukan dan yang Anda capai.

# Bagaimana Gambaran Finansial tahun berjalan

Tidak ada refleksi tahunan yang lengkap tanpa pemahaman yang jelas tentang keadaan keuangan Anda.

Mulailah dengan membuat daftar nilai aset Anda saat ini: uang tunai, deposito, tabungan, pensiun, polis asuransi dan semua yang bernilai uang. Kemudian, hitung kewajiban Anda: hutang, tanggungan, angsuran dan buat laporan keuangan riil.

Dari jawaban yang ada selanjutnya buatlah perencanaan tahuhan, Mulai dari rencana harian, mingguan dan bulanan terlebih dahulu.

♦ Mulai menyusun rencana

Saat Anda mulai menyusun rencana untuk satu tahun kedepan, mulailah dengan membuat pembagian rencana berdasarkan prioritas kebutuhan, bedakan juga berdasarkan besar kecilnya dan jangka waktu untuk pencapaiannya.

Mulailah dengan membuat resolusi harian yang akan mengubah pola hidup Anda, dan membentuk sistem kehidupan baru Anda.

Selanjutnya buat rencana mingguan, bulanan, triwulan, semster dan tahunan Anda. Brekdown secara detail daftar rencana Anda dan arahkan pada hal-hal yang riil bisa bisa Anda dilakun untuk menerjemahkan rencana Anda tersebut.

Bila perlu buat rencana satu tahun Anda dalam versi cetak sehingga Anda bisa memantau secara pribadi mana yang sudah tercapai dan mana yang masih harus di usahakan.

Teruslah konsisten dengan rencana Anda dan fokus pada tujuan besar Anda.

Langkah 3: Tetapkan Tujuan untuk Tahun Baru

Resolusi Hidup Tahun 2021

Setetelah Anda memiliki visi dan perencanaan, yang merupakan tata letak kehidupan Anda, melalui tinjauan ekstensif pada tahun sebelumnya, Anda juga telah memiliki peta jalan yang jelas ke mana Anda akan pergi sampai pada akhir tahun. Dengan begitu Anda bisa menandai beberapa pencapaian tertentu, maka segera tetapkan tujuan menuju tahun terbaik Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut:

♦ Tuliskan “daftar panjang” tujuan Anda.

Saat Anda melakukan langkah ini, biarkan ide mengalir tentang apa yang ingin Anda capai selama 12 bulan ke depan, seperti memulai bisnis, dan situasi yang ingin Anda tingkatkan, semua masuk kedalamnya.

Agar efektif, Anda harus membuat keputusan sulit tentang prioritas.Abaikan kenyataan sebentar, dan buat daftar semua  tujuan yang ingin Anda capai tahun ini.

Untuk mencetuskan beberapa ide, gunakan kategori berikut untuk memandu Anda:

# Keuangan 

Berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan dan yang ingin Anda hemat dan Anda tabung. Bagaimana Anda akan berinvestasi? Cara apa yang saya inginkan untuk mendapatkan uang dan mengelola uang?

# Pengembangan pribadi

Keterampilan baru apa yang ingin Anda pelajari? Keterampilan apa yang ingin Anda tingkatkan? Kebiasaan apa yang ingin Anda instal untuk kemajuan Anda?

# Hubungan

Apa yang saya inginkan untuk kemitraan romantis dengan pasangan, keluarga, dan persahabatan saya? Seperti apa kehidupan rumah tangga saya?

# Pekerjaan / karier / bisnis

Proyek apa yang ingin saya kerjakan? Dengan siapa? Target apa yang akan saya tetapkan?

# Kesehatan dan kebugaran

Apa yang saya inginkan untuk tubuh saya? Bagaimana saya ingin makan dan berolahraga?

# Emosional

Apa yang paling ingin saya rasakan? Apa yang bisa membuat saya tersenyum? Apa yang bisa membuat saya bahagia?

# Waktu

Seperti apa hari ideal saya? Di mana saya menghabiskan sumber daya saya yang paling berharga?

# Kontribusi

Bagaimana saya akan memberi kembali? Berapa banyak uang yang digunakan untuk tujuan yang bermanfaat? Di mana saya bisa melayani orang lain?

Ini mungkin tujuan yang tidak sepenuhnya Anda coret dari daftar tahun lalu. Atau Anda mungkin memutuskan untuk fokus pada aktivitas yang bekerja dengan baik.

Anda mungkin melihat bahwa Anda perlu fokus pada area yang perlu diperbaiki, seperti kehidupan sosial Anda.

Tuliskan semuanya dalam satu daftar. Karena Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mulai membuat prioritas.

♦ Pilih tujuan utama Anda.

Dalam praktiknya, Anda bisa memilih tiga hingga enam tujuan utama.

♦ Tetapkan tolok ukur dan item tindakan.

Tujuan utama tidak pernah dicapai dengan lompatan besar, tetapi dalam serangkaian langkah kecil.

Di bawah masing-masing “judul” tujuan Anda, buat daftar beberapa tolok ukur yang dapat diukur, yang jika Anda mencapainya, akan membantu Anda melangkah lebih dekat ke setiap tujuan.

Selain tolok ukur, di sini Anda juga dapat membuat daftar item tindakan yang tidak terukur yang akan mendukung tujuan Anda, seperti, “Menulis rencana bisnis” dan “Bekerja dengan pelatih bisnis.”

♦ Pilih tujuan sekunder Anda.

Akan ada item dalam daftar panjang Anda yang tidak akan pernah menjadi tujuan utama tetapi masih ingin Anda urus di tahun mendatang. Contohnya termasuk, “Membaca 20 buku tahun ini”, “Menanam bunga di kebun belakang rumah”, atau “Beli sofa baru”.

Di bagian ini, Anda juga dapat memasukkan kebiasaan yang ingin Anda praktikkan — aktivitas yang tidak memiliki titik akhir spesifik, tetapi jika diulangi dari waktu ke waktu, membantu mendukung tujuan utama Anda, atau hanya hidup bahagia secara umum.

Langkah 4: Buat daftar sasaran & tindakan yang akan dilakukan

Anda telah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik, jadi sekarang saatnya menetapkan sasaran dan tindakan yang dilakukan. Sasaran sangat membantu untuk menetapkan arah Anda.

Sasaran adalah suatu keharusan, tetapi bukan langkah satu-satunya dalam proses keberhasilan. Seperti halnya mandi, kita membutuhkan kebiasaan yang konsisten dan bermanfaat untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan.

Lihatlah Daftar sasaran Anda dengan segala kebaikan yang jelas, spesifik, dan terukur (ini adalah karya seni, bukan?).

Kebiasaan apa yang mungkin perlu Anda lakukan kembali — kebiasaan baru apa yang mungkin perlu Anda terapkan — untuk mencapai sebagian besar tujuan Anda? Semua berkaitan dengan sasaran dan tindakan yang Anda lakukan.

Para peneliti menyarankan agar Anda menemukan “Konsep Landak” Anda (apa yang bisa menjadi keunggulan Anda), yang persis seperti yang telah Anda lakukan dalam langkah-langkah penetapan tujuan di atas.

Kemudian, ketika Anda tahu apa itu, Anda mulai “mendorong roda kehidupan” untuk membuatnya berputar. Dan itu identik dengan memasang sistem yang hebat, alias mempraktikkan kebiasaan membantu.

Dengan tujuan, Anda tahu kapan Anda telah mencapainya. Tetapi sistem melibatkan tindakan terus menerus dan tanpa akhir; kebiasaan baik bisa diulangi sesering yang Anda lakukan sebelumnya.

Pilih kebiasaan baru yang akan menyatu seperti ke dalam sistem baru Anda dan tuliskan ini pada dokumen terpisah yang dapat Anda cetak dan tempatkan di samping Daftar Master Tujuan Anda.

_____________

“Mimpi yang ditulis dengan tanggal menjadi tujuan. Tujuan yang dipecah menjadi beberapa langkah menjadi rencana. Sebuah rencana yang didukung oleh sasaran dan tindakan membuat harapan dan impian Anda bisa cepat terwujud menjadi kenyataan “

Manusia yang membuat Resolusi Hidup Tahun Baru merupakan orang yang cerdas menggunakan cara efektif dan meggunakan rutinitas dan waktunya menjadi sistem kerja kehidupan yang efektif untuk membuat rencana dan menetapkan tujuan hidup.

Agar efektif, tujuan kita haruslah resolusif yang bukan hanya:

  • Cukup besar untuk Anda, tetapi masih dalam genggaman Anda
  • Konkret, dengan tenggat waktu, tolok ukur, dan item tindakan yang solid
  • Selaras dengan tujuan inti Anda, bukan ekspektasi orang lain
  • Dan dalam mengejar tujuan ini, Anda harus menyadari bahwa apapun yang layak dilakukan akan membutuhkan kesabaran.

Anda harus terus memantau kemajuan Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan jalan menuju target.

Jangan mengubah arah yang drastis, terlalu sering. Bersabarlah, dan berikan waktu upaya Anda untuk membuahkan hasil. Bersenang-senanglah dengan prosesnya.

Jika Anda mengikuti cara yang ditetapkan di sini, dan sabar mempraktekkannya serta konsisten menjaga komitmen Anda, kesuksesan Anda bisa lebih mudah tercapai.

Ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, dan memang begitu. Tetapi ada lebih banyak pekerjaan, stres, dan peluang yang hilang karena tidak memiliki rencana, atau rencana yang buruk. Kemudian Akhirnya Anda harus bekerja sepanjang tahun untuk memperbaiki kekacauan itu.

Persiapan yang cermat akan menghasilkan hasil yang luar biasa.

____________________

Langkah Anda selanjutnya…

Jika Anda sudah memiliki resolusi-resolusi besar untuk tahun baru 2021, dan sudah memiliki rencana, tujuan serta semua yang mendukung resolusi tahun baru Anda terwujud, sertai juga dengan niat yang bersih, hati yang tulus serta pikiran yang lurus dan fokus serta doa.

Agar Resolusi Hidup Tahun 2021 yang merupakan resolusi tahun baru Anda mudah terwujud, dan tujuan yang Anda tetapkan bisa lebih mudah tercapai, hidup penuh keberkahan dan keberlimpahan, Anda bisa mengikuti program Pelatihan Bioenergi Abundance.

Untuk itu, pastikan Anda mengikuti Pelatihan Bioenergi Abundance. Lebih jelas tentang apa itu Bioenergi Abundance dan manfaatnya, silahkan klik : >> Pelatihan bioenergi Abundance

Resolusi Hidup Tahun 2021 - Bioenergi Abundance


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :